PENERAPAN PERAN KELUARGA UNTUK MENANAMKAN LITERASI DARI SEJAK DINI

Authors

  • Desilfa Dina Nur Fadli IKIP Siliwangi, Cimahi
  • Rita Nurunnisa IKIP Siliwangi, Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v4i2.p%25p

Keywords:

Family, Literacy, Early Childhood

Abstract

Literacy is an activity or ability that a person has by reading and writing. Reading interest in Indonesia is still low. Reading culture must be grown from an early age. The role of the family is very important in instilling education. Parents are required to be more creative with various media, so as not to bore children when listening to stories they like. The purpose of this paper is to determine the role of the family to instill literacy from an early age to obtain a picture and analyze from planning and implementation. The research method used in this article is a litera- ture study, to prepare the first step in compiling a research framework with the heuristic method, which is to collect the necessary sources and data that are related to the research theme raised. Then analyzed using data reduction, data display, and concluding. The data collection technique used is a source of journals, theses, and books related to research. The results of the research can be concluded that the role of the family to instill literacy from an early age is very important and provide new experiences for parents and children regarding literacy activities.

Literasi yaitu suatu kegiatan atau kemampuan yang di miliki seseorang dengan membaca dan menulis. Minat membaca di negara indonesia masih rendah. Budaya membaca harus ditumbuhkan dari sejak dini. Peran keluarga sangat penting dalam menanamkan pendidikan. Orang tua di tuntut untuk lebih kreatif dengan berbagai media, agar tidak membuat anak jenuh ketika mendengarkan cerita yang disukainya. Tujuan penulisan ini untuk mengetahui peran keluarga untuk menanamkan literasi sejak dini guna memperoleh gambaran dan menganalisa dari perencanaan dan pelaksanaan. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini yaitu studi literatur, untuk mempersiapkan Langkah awal dalam menyusun kerangka penelitian dengan metode heuristik, yaitu mengumpulkan sumber dan data yang di perlukan yang memiliki keterkaitan  dengan tema penelitian yang diangkat. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa sumber jurnal, skripsi dan buku yang terkait dengan penelitian.  Kemudian dianalisis menggunakan reduksi data, display data, dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian yang di dapat di simpulkan bahwa peran keluarga untuk menanamkan literasi sejak dini itu sangat penting dan memberikan pengalaman baru untuk orang tua dan anak mengenai kegiatan literasi. 

References

Bunanta, M. (2008). Buku Mendongeng Dan Minat Membaca. Jakarta: KPBA.

Cahyani, I. R. (2017). Peran orang tua dan guru dalam mengembangkan lit- erasi dini (early literacy) di kabupaten sidoarjo (Doctoral dissertation, UNI- VERSITAS AIRLANGGA).

Itadz, M. (2008). Memilih, Menyusun, dan Menyajikan Cerita untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta, Tiara Wacana.

Muhammad, A. A. (2013). KE- SADARAN HUKUM MASYARAKAT KAMPUNG MAH- MUD UNTUK MEMILIKI SERTI- FIKAT ATAS HAK ULAYAT: Studi Kasus di Kampung Adat Mahmud Desa Mekarrahayu Kecamatan Marga Asih Kabupaten Bandung (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Musthafa, B. (2008). Dari literasi dini ke literasi teknologi. Diterbitkan atas ker- jasama Yayasan CREST, Center for Research on Education and Sociocul- tural Transformation dengan New Concept English Education Centre Jakarta, Indonesia.

Nurgiantoro, B. (2016). Sastra anak. Yo-

gyakarta: Gajah Mada University

Press.

Nuraeni, A. (2016). Peran orang tua

dalam pengembangan literasi dini anak kelompok B di gugus 7 Mangunan Dlingo Bantul. Pendidikan Guru PAUD S-1, 5(3), 245-256.

Pahlewi, R., Nasirun, H. M., & Syam, N. (2016). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS MELALUI PEN- ERAPAN METODE EKSPERIMEN PADA PROSES PELARUTAN PADA ANAK KELOMPOK B5 PAUD DHARMA WANITA PERSATUAN PROVINSI BENGKULU. Jurnal Ilmiah Potensia, 1(2), 92-99.

Sutrisno, S., Yuningsih, N. Y., & Agusti- no, L. (2018). Komparasi Teori Mar- keting Politik 4p Menurut Niffenegger dan 3p Menurut Adman Nursal. JP- PUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA (Journal of Governance and Political Social UMA), 6(2), 106-111.

United Nations Of Educational, Scientif- ic, and Curtural Organization (UN- ESCO). (2011). The Prage Declara- tion. ‘’Towards an Information Liter- ate Society.’’

Undang-Undang Dasar Republik Indone- sia No 2 Tahun 1989 Bab IV Pasal 10 Ayat 4 tentang sistem Pendidikan na- sional.

Yusuf, S. (2009). Psikologi Perkemban- gan Anak dan Remaja. Bandung: Ros- dakarya. Preingkat Literasi Indonesia Nomor 2 dari Bawah (23 April 2016). http://www. Fenima.co.id/trending- topic/peringkatliterasiindonesia- nomor-dua-daribawah

Downloads

Published

2021-03-09