PEMBELAJARAN SENI MENGGAMBAR BEBAS DALAM RANGKA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA 4-5 TAHUN

Authors

  • Lina Herlina Kober Mamelsy, Jalan Cibolerang No 21 Bandung
  • Enceng Mulyana IKIP Siliwangi, Jalan Jenderal Sudirman Cimahi
  • Rita Nurunnisa

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v4i2.p%25p

Keywords:

Children, Creativity, Free Drawing

Abstract

This research is motivated when learning takes place, educators in developing children's creativity are still lacking. Therefore we need learning that can increase this creativity. The purpose of this research is to describe free drawing learning activities to improve children's creativity. In the implementation of free drawing activities, children can show their seriousness in drawing to foster a different mindset and foster a creative spirit in children. The method in this research uses a qualitative descriptive method. The data collection techniques used were observation, interviews, and documentation. The subjects in this study consisted of three students who were randomly selected. Data analysis includes data reduction activities, data display, and concluding. The results show that free drawing learning activities can increase children's creativity in general, with different changes compared to the previous one, meaningful results are marked by indicators of creativity such as curiosity, in which children actively ask, investigate, and observe a miniature house. . In the indicator of imagination, children can already form a house by combining vertical, flat, curved lines, and adding parts in the house such as doors, windows, and other variations such as trees and roads. In innovative indicators, children can combine colors so that the resulting colors vary.

Penelitian ini dilatar belakangi ketika pembelajaran berlangsung, pendidik dalam mengembangkan kreativitas anak dirasa masih sangat kurang. Oleh karena itu diperlukan suatu pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas tersebut.  Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan kegiatan pembelajaran menggambar bebas dalam rangka meningkatkan kreativitas anak. Pada pelaksanaan kegiatan menggambar bebas, anak dapat menunjukkan kesungguhannya dalam menggambar sehingga menumbuhkan pola pikir yang berbeda dan menumbuhkan jiwa kreatif pada diri anak. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, subjek dalam penelitian ini terdiri dari tiga orang peserta didik yang dipilih secara acak. Analisis data meliputi aktivitas reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran menggambar bebas dapat meningkatkan kreativitas anak pada umumnya, dengan perubahan yang berbeda dibandingkan dengan sebelumnya, hasil yang berarti ditandai oleh indikator kreativitas seperti rasa ingin tahu, yang mana anak aktif untuk bertanya, menyelidiki, dan mengamati sebuah bentuk miniatur rumah. Pada indikator imajinasi, anak sudah dapat membentuk rumah dengan menggabungkan garis tegak, datar, lengkung, dan menambahkan bagian yang ada di rumah seperti pintu, jendela, serta variasi yang lainnya seperti pohon dan jalan. Pada indikator inovatif, anak sudah dapat memadukkan warna sehingga warna yang dihasilkan menjadi beragam. 

References

Asmawati, L. (2014). Perencanaan Pem- belajaran PAUD. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya

Helmawati. (2015). Mengenal dan memahami PAUD. Bandung PT. Remaja Rosdakarya

Mulyani, N. (2017). Pengembangan Seni Anak Usia Dini. Bandung. PT. Re- maja Rosdakarya

Mulyani, N. (2019). Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Ban- dung. PT. Remaja Rosdakarya

Mursid. (2017). Pengembangan Pem- belajaran PAUD. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2018). Metode PenelitianKualitatif. Bandung. CV. Akfabeta

Tresnaningsih, W. (2015). Kemampuan Menggambar Bebas Sebelum Pem- belajaran Pada Anak Tk Kelompok A Dan B Tk Al ‘Idad An Nuur. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Edisi, 7.

Wulansari, R., Jubaedah, D. S., & Zahro,I. F. (2018). Penerapan Teknik Ko- lase Untuk Meningkatkan Kreativi- tas Pada Kegiatan Menggambar Pada Anak Usia Dini. Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(3), 89-94.

Downloads

Published

2021-03-16