UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA KELOMPOK B KOBER ALAMANDA

Authors

  • Rilla Martilava IKIP Siliwangi, Cimahi
  • Arifah A Riyanto IKIP Siliwangi, Cimahi
  • Lenny Nuraeni IKIP Siliwangi, Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v4i2.p%25p

Keywords:

Symbolic Thinking Ability, Realistic Mathematics

Abstract

The ability to think symbolically is an aspect that must be developed. In order for this development to be optimal, it requires the right approach. Realistic mathematics learning is an approach that can be given to children in improving symbolic thinking skills, in which utilizing objects or situations around the child, this approach combines learning with the child's daily life. The purpose of this study was to determine realistic mathematics learning in improving children's symbolic thinking skills. The method used in this research is classroom action research, there are 2 cycles, consisting of 4 stages, namely planning, action, observation, and reflection. Data collection techniques in the form of interviews, observation, and documentation. The object of this research is the children of group B Kober Alamanda, amounting to 16 children, 7 girls, 9 boys. Data analysis used descriptive qualitative and quantitative methods. The results of the study were in the initial condition the child's symbolic thinking ability was 43.75%, then the first cycle experienced 62.5% progress. Then cycle II becomes 75%. From the results of this study, it can be concluded that the use of realistic mathematics learning can improve the symbolic thinking skills of Group B in Kober Alamanda.

Kemampuan berpikir simbolik merupakan aspek yang harus dikembangkan.Agar perkembangan tersebut optimal,maka membutuhkan pendekatan yang tepat. Pembelajaran matematika realistik sebagai salah satu pendekatan yang dapat diberikan kepada anak dalam meningkatkan kemampuan berpikir simbolik,yang didalamnya memanfaatkan benda atau situasi yang ada disekeliling anak,pendekatan ini menggabungkanpembelajaran dengan kehidupan sehari-hari anak. Tujuan penelitian ini untukmengetahui pembelajaran matematika realistik dalammeningkatkan kemampuan berpikir simbolik anak.Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas, terdapat 2 siklus,di dalamnya terdiri4 tahapanyaituperencanaan, tindakan,observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupainterview, observasi dan dokumentasi. Objekdalam penelitian ini yaitu anak kelompok B Kober Alamanda yang berjumlah 16 anak, 7 anak perempuan,9 anak laki-laki. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif.Adapun hasil penelitian yaitu pada kondisi awal kemampuan berpikir simbolik anak 43,75% selanjutnya siklus I mengalami progress 62,5%. Lalu siklus II menjadi 75%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan berpikir simbolik kelompok B di Kober Alamanda. 

References

Darma I Nyoman, Wayan, S. I., & Sariyasa. (2013). Pengaruh Pen- didikan Matematika Realistik Ter- hadap Pemahaman Konsep dan Daya Matematika Ditinjau Dari Pengetahuan Awal SMP Nasional Plus Jembatan Budaya. E-Journal Program Pascasarjanan Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).

Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Standar Proses Untuk Satu- an Pendidikan Dasar dan Menen- gah. Jakarta: Dirjen Dikti DE- PDIKNAS.

Fadillah, M. (2017). Buku Ajar Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia Group.

NURHAZIZAH, N. (2014). Peningkatan Kemampuan Matematika Awal Melalui Strategi Pembelajaran Kinestetik. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(2), 337-346.

Hendriana, H., & Afrilianto, M. (2017).

Langkah- Langkah Praktis Penelit- ian Tindakan Kelas Bagi Guru (I). Bandung: Refika Aditama.

Huraerah, A. (2018). Kekerasan Ter- hadap Anak (IV). Bandung: Penerbit Nuansa Cendekia.

Kurniawati, M., Tresnawaty, N., & Nu- raeni, L. (2019). PENERAPAN METODE BERMAIN PUZZLE STICK ES KRIM ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK B UN- TUK MENINGKATKAN KE- MAMPUAN BERPIKIR SIMBO- LIK. CERIA (Cerdas Energik Re- sponsif Inovatif Adaptif), 2(5), 263-267.

Liwis, N. W. N. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TER- HADAP KEMAMPUAN MENGE- NAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK A TAMAN KANAK-KANAK GUGUS V KE- CAMATAN BULELENG GUGUS V KECAMATAN BULELENG TAHUN AJARAN 2016/2017. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 5(1), 116-126.

Nuraeni, L. (2016). DESAIN PAUD ACCESSIBLE BAGI SEMUA. EM- POWERMENT: Jurnal Ilmiah Pro- gram Studi Pendidikan Luar Seko- lah, 5(1), 1-17.

Sudijono, A. (2008). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suparno, P. (2001). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.

Wijaya. (2012). Pendidikan Matematika Realistik: Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Downloads

Published

2021-03-09