IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHFIDZ ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL-IKHLASH CIKAWUNG KABUPATEN BANDUNG BARAT

Authors

  • Masatu Badriyah TK Al-Ikhlash Cikawung, Kabupaten Bandung Barat
  • Dedah Jumiatin IKIP Siliwangi, Jalan Terusan Jendral Sudirman

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v4i3.p%25p

Keywords:

Learning Tahfidz, Children Aged 5-6 Years

Abstract

This study aims to determine the process of implementing ice-breaking gymnastics activities in the development of early childhood kinesthetic intelligence. Ice-breaking gymnastics activities are carried out when the activities line up. The duration of ice-breaking gymnastics activities is only 3-5 minutes so that the children are enthusiastic to participate in these activities. The implementation of ice-breaking gymnastics is done routinely to train the gross motor stimulation of children in the development of early childhood kinesthetic intelligence. This research uses descriptive qualitative research methods. The subjects in this study are group B students. The data collection techniques are interviews, observation, and documentation. Based on the results of the thematic analysis and discussion, it can be concluded that the ability of children's kinesthetic intelligence can be improved through ice-breaking gymnastics activities, through these gymnastics activities can stimulate the intellectual abilities of body movements, and can train their physical abilities through ice-breaking gymnastics with simple movements that are easy to imitate, does not drain energy and contains elements of joy and joy accompanied by songs and music.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran tahfidz anak usia 5-6 tahun dan hasil pembelajaran tahfidz di TK Al-Ikhlash Cikawung Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dengan subjek kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: tujuan pembelajaran tahfidz alquran di TK Al-Ikhlash Cikawung, yaitu: agar peserta didik mampu menghafal alquran dengan baik dan benar sesuai ketentuan kaidah ilmu tajwid, dapat minimal menghafal surat pendek dari yang sudah ditentukan yaitu juz 30, untuk dapat membimbing peserta didik supaya mencintai, menghafal alquran dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Metode pembelajaran tahfidz Alquran, yaitu dengan menggunakan metode talaqqi, takrir, bin nazar dan membaca terjemahnya terlebih dahulu untuk mempermudah. Materi pembelajaran tahfidz Alquran ini yaitu menghafal minimal surat-surat pendek seperti surat Al-Fatihah, An-Nas, Al-Falaq, Al-Ikhlash dan Al-Lahab. Adapun evaluasi yang dilakukan yaitu dengan evaluasi pekanan, semester dan akhir tahun.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendektan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathurrohman, P. & Sutikno, M. S. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama.

Moleong, J. L. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhammad, A. S. (2017). Keberkahan Al-Qur'an. Jakarta: QAF Media Kreativa.

Nata, A. (2011). Perspektif Islam Tentang Trategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Pribadi, B. A. (2009). Model Desain Sistem Pembelajara. Jakarta: Erlangga.

Rauf, A. A. (2015). Kiat Sukses Menjadi Hafidz Qur'an Da'iyah. Jakarta: Markaz Alquran.

Rahmawati, P., Nurwuni, & Sumitra, A. (2020). Pengembangan keterampilan motorik halus pada anak usia dini. Jurnal Ceria, 3(2), 102-109.

Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Rusman. (2013). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer (Mengembangkan Profesionalisme Pendidik Abad 21. Bandung: Alfabeta.

Rusyd, R. M. (2015). Panduan Tahsin, Tajwid dan Tahfidz untuk Pemula. Yogyakarta: Saufa.

Sanjaya, W. (2009). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Sugiyono. (2009). Metodologi Penelitian, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tafsir, A. (2015). Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zaini, S. (1986). Prinsip-prinsip Dasar Konsepsi Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam.

Downloads

Published

2021-05-21