MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK MELALUI PERMAINAN BALOK PADA KELOMPOK B

Authors

  • Siti Sadyah KB Az-Zahra, Jl. Soekarno Hatta, Gg. Hasan II Babakan Ciparay Bandung
  • Anita Rakhman PG-PAUD IKIP Siliwangi Bandung, Jl. Jend. Sudirman, Cimahi 40526

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v4i3.p%25p

Keywords:

Social Interaction, Playing Block, Early Childhood

Abstract

The number of children who do not understand the importance of social friendliness with peers in the school environment, children who lack confidence, do not interact well in their environment can cause these children to be shunned by the environment and difficult to accept. This research aims to increase interaction through block games in early childhood. The research method used is descriptive qualitative. The data techniques used were interviews, observation, and documentation. The subjects of this study consisted of 16 children consisting of 10 boys and 6 girls. The analysis of data techniques used by the author is taken from Moleong's theory (2002), namely simplification of data (data reduction), data presentation (data display), and concluding (making conclusions). The results of planning research from this study are curriculum teachers, learning media, the establishment of an evaluation system to assess children from the beginning to the end of learning activities. The implementation is carried out by the teacher providing explanations and how to play blocks by describing them, the teacher provides the opportunity for students to do so, and exemplifies how to play the game, and does not forget to also provide rules in the game. And the results of children's social interactions can develop as expected. That the application of block games has been carried out well. Children can communicate with friends, socialize and compete with other friends.

Banyaknya anak yang belum memahami pentingnya berinteraksi sosial dengan teman sebaya di lingkungan sekolah, anak kurang percaya diri, tidak berinterasi dengan baik di lingkungannya dapat menyebabkan anak tersebut dijauhi oleh lingkungan dan sulit untuk berinteraksi. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan interaksi sosial melalui permainan balok pada anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini berjumlah 16 anak yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 6 anak perempuan.Tehnik analisis data yang digunakan penulis diambil dari teori Moleong (2002) yaitu penyederhanaan data (data reduction), penyajian data (data display), dan menarik Kesimpulan (making conclusion). Hasil penelitian bahwa perencanaan dari penelitian ini yaitu guru mempersiapkan kurikulum, media pembelajaran, menetapkan sistem evaluasi untuk menilai anak dari awal hingga akhir kegiatan pembelajaran. Pelaksanaan dilakukan dengan cara guru memberikan penjelasan dan cara bermain balok dengan menggambarkannya, guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk melakukannya, dan mencontohkan cara bermain permainan tersebut dan tak lupa juga memberikan peraturan dalam permainan. Dan hasil interaksi sosial anak dapat berkembang sesuai harapan. Bahwa penerapan permainan balok telah terlaksana dengan baik. Anak bisa bekerjasama dengan temannya, bisa bergaul dan bisa berkompetisi dengan teman yang lain.

References

Agustiyani, S., Rohaety, E. E., & Westhisi, S. M. (2019). PENERAPAN METODE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK B. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(4), 154-165.

Fadilah, M. (2017). Bemain dan permainan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenamedia Group.

Heriawan, A. (2012). Metodologi pembelajaran kajian teoritis Praktis. Serang-Banten LP3G (Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru)

Indonesia, P. M. P. N. R. (2009). Nomor 58 Tahun 2009. Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.

Mahmud, H. S. S., & Khoerudin, K. (2015). Pendidikan Lingkungan Sosial Budaya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mursid. (2018). Belajar Dan Pembalajaran Paud. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata, NS. (2013).Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian Kualitatif. Bandung. PT. Alfabeta.

Downloads

Published

2021-05-18