MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI PEMBELAJARAN INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) DENGAN AKTIVITAS MENGGAMBAR DI RA AL HIKMAH CISARUA

Authors

  • Nunung Sadiah RA Al-Hikmah, Cisarua
  • Sri Nurhayati IKIP Siliwangi, Cimahi
  • Anita Rakhman PG-PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Siliwangi, Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v4i5.p%25p

Keywords:

Creativity, Early Childhood, Learning ICT, Drawing

Abstract

Creativity is the ability to create something new, bringing up creative ideas or ideas that can solve a problem. The development of creativity that already exists in children has different interests and potentials, so that early childhood must be stimulated by various activities that can improve creative and productive thinking. However, research in the field shows that it is still underdeveloped, because there is still a lack of stimulus and provision of less varied learning media such as using computer or multimedia media, so the researcher conducts a study using drawing media with the classroom action research method, which is carried out through the planning stage. implementation, observation, and reflection. The subjects of this study were 10 children in group B. The data collection technique was carried out through observation using data analysis using descriptive statistics. Based on the results of the data obtained by analyzing the results obtained in the first meeting or cycle I by 30%, and at the second meeting by 40%. While at the first meeting in the second cycle, 80% of the data was obtained, and at the second meeting, the data obtained was 90%. Based on these results, it can be concluded that the use of drawing media can increase the creativity of early childhood in RA Al-Hikmah Cisarua.

Kreativitas merupakan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru, dengan memunculkan ide atau gagasan kreatif yang dapat memecahkan suatu masalah. Perkembangan Kreativitas yang sudah ada dalam diri anak  memiliki minat dan potensi yang berbeda–beda, sehingga anak usia dini harus di stimulus dengan berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan berpikir kreatif dan produktif. Akan tetapi penelitian dilapangan menunjukan bahwa masih rendah perkembangannya, dikarenakan masih kurangnya stimulus dan pemberian media pembelajaran yang kurang variatif seperti menggunakan media computer atau multimedia, sehingga peneliti melakukan sebuah penelitian menggunakan pembelajaranICT dengan media menggambar  dengan metode penelitian tindakan kelas, yang dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B sebanyak 10 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dengan menggunakan analisis data dengan cara statistik deskriptif. Berdasarkan hasil data yang diperoleh secara analisis hasil yang didapat dalam pertemuan kesatu atau siklus I sebesar 30%, dan di pertemuan kedua sebesar 40%. Sedangkan di pertemuan kesatu pada siklus II diperoleh data sebesar 80%, dan dipertemuan keduanya data yang didapat sebanyak 90%. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan media menggambar dapat meningkatkan kreativitas anak usia dinidi RA Al-Hikmah Cisarua. 

References

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Hendriana, H.& Afrilianto, M. (2017). Langkah Praktis Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Bandung: Refika Aditama.

Kemendikbud. (2011). Laporan Akuntabilitas Kinerja. Jakarta: Kemendikbud.

Munandar, U. (2011). Kreativitas & Keberbakatan (Strategi Mengwujudkan Potensi Kreatif dan Bakat) Jakarta.Gramedia Pustaka Utama.

Ngalimun, D. (2013) Perkembangan dan Pengembangan Kreativitas. Yogjakarta :Aswaja Pressido.

Nurhayati, E. (2011). Psikologi Pendidikan Inovatif (Psikologi Pengembangan Diri). Yogjakarta : Pustaka Pelajar.

Nurfuady, E., Hendriana, H., & Wulansuci, G. (2019). PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PADA ANAK USIA DINI. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(3), 65-73.

Setia, E (2019). Data Base Utama menggunakan KBBI Daring Edisi III. Jakarta: Badan Pegembangan dan Pembinaan Bahasa.

Sundayana, R. (2013). Media Pembelajaran. Bandung : ALFABETA

Suyitno, I. (2011). Memahami Tindakan Pelajaran. Bandung: Refoka Aditama.

Downloads

Published

2021-09-21