PENGEMBANGAN METODE EXPERT GROUP BERBANTUAN QUIZIZ DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MATAKULIAH PAI PADA MAHASISWA PGSD IKIP SILIWANGI

Dedi Junaedi(1*), Sahliah Sahliah(2), Tamtam Kamaluddin(3), Nandang Rukanda(4)

(1) IKIP SILIWANGI
(2) STIT Al Ihsan Baleendah
(3) IKIP Siliwangi
(4) IKIP Siliwangi
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Pengembangan metode expert group berbantuan Quiziz merupakan suatu metode pembelajaran yang inovatif, kreatif yang sangan relevan dengan kondisi saat ini. Metode ini secara umum bertujuan untuk meningkatan motivasi belajar mahasiswa agar lebih bermutu dan efisiensi dalam menunjang perkembangan pembelajaran pada matakuliah Pendidikan Agama Islam (PAI) khususnya pada mahasiswa di tingkat perguruan tinggi IKIP  Siliwangi. Tujuan pendidikan Nasional menyatakan bahwa Pendidikan merupakan usaha yang dilandasi kesadaran, terencana untuk menciptakan proses pembelajaran dan suasana belajar yang membangkitkan motivasi belajar. Mencerdaskan anak bangsa yang mempunyai perkembangan potensi yang aktif agar menciptkan keterapilan dalam tingkat laku atau akhlak mulia, kecerdasan, keterampilan, kepribadian, pengendalian diri dan dorongan spiritual keagaamaan yang dilandasi keyakinan dan pengamalan untuk bisa direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari baik bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat maupun negara. Pendidikan tidak terlepas dari permasalah dan pengembangan salah satunya permasalahan metode yang kurang sesuai dengan kebutuhan era modern ini,yang perlu dikembangan agar lebih baik lagi. penelitian ini di khususkan kepada mahasiswa IKIP Siliwangi untuk meningkatakan pembelajaran pada pembelajaran Pendidikan agama Islam (PAI), pengunaan metode expert group berbantuan Quiziz sangat membantu dalam proses penguatan penyampaian materi agar  saling menolong sesama manusia menjadi hubungan yang mempunyai daya saing yang berkualitas, bermutu dan berakhlakul karimah.

 

 


Keywords


Pengembangan, Metode Expert Group, Quiziz

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Ahmad Munjin nasih dan Lilik Nur Kholidah, (2013) .Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT. Refika Aditama.

Farida Jaya. (2019), Perencanaan Pembelajaran. Medan. Fak. Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumetera Utara.

Taslimuharam (2008), Metode Expert Group Berbantuan Quiziz Jakarta: Prestasi Pustaka.

Ahmad, Lif khoiru dan sofan Amri. 2011. Expert Group Berbantuan Quiziz Mengembangkan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif Efektif, Menyenagkan, Gembira dan Berbobot ) Sebuah Analisis Teoritis, Konseptual, dan Praktik), Jakarta: PT. Prestasi Pustaka Raya.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Trianto, Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik ( (jakarta: Prestasi Pustaka , 2010: 143),

Dwi Cahaya dkk. Pengaruh Aplikasi Quisis Dalam Evaluasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pajar (Pendidian dan Pengajaran) Volume 5 No. 4 Juli 2021.DOI : http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v5i4.8400

Erlis Nurhayati. Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz Pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Jurnal Paedagogy. Vol 7 No 3, 2020. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/2645

Lisa’diyah Ma’rifataini, Implentasi metode pembelajaran Pendidikan agama Islam (PAI) di Sekolah menengah atas Negeri (SMA) 11 Bandung. Jurnal Edukasi Kemenag.org. Vol. 16 No 1 2018

Shifatun Nisa dan Triesninda Pahlevi, Pengembangan Instumen Penilain HOTS Berbantuan Quizizz pada Mata Pelajaran Kearsipan SMK, Jurnal Ilmu Pendidikan Edukatif Vol. 03 No 5 thn 2021

Efendi, ahmad Fuad, 2012, Metodologi Pembeajaran bahasa Arab, Bandung, Remaja Rosdakarya.

Direktoral Pendidikan agama Islam, Direktoral Jenderal pendidikan Islam Kementerian Agama RI, 2015, Modul Metode Pembelajaran, Bimbungan Teknis Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerto berbasis ISRA, Jurnal Edukatif

(Dwi Cahaya Nurani dkk, Pengaruh aplikasi Quizizz dalam evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa, Jurnal Pajar (pendidikan dan Pengajaran) vol. 5 no 4 Juli 2021)




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/collase.v5i2.10248

Article Metrics

Abstract view : 50 times
PDF - 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats