AKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA PGSD: POTRET KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENERAPKAN PRODUK, SIKAP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DIMASA PANDEMI

Authors

  • Muhammad Syazali Universitas Mataram
  • Umar Umar University of Mataram

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v5i2.10319

Keywords:

Keterampilan proses sains, Mahasiswa, Sikap

Abstract

Penerapan produk, sikap dan keterampilan proses sains dapat membantu proses belajar mahasiswa, baik pada rumpun mata kuliah sains maupun non-sains. Dua aspek tersebut bahkan merupakan bekal yang baik bagi mahasiswa untuk membantunya memecahkan persoalan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan dalam menerapkan sikap dan keterampilan proses sains, dibutuhkan data base terkait kemampuan awal mereka terhadap penerapan dua aspek sains tersebut terutama di masa pandemi Covid-19 ini. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mahasiswa dalam menerapkan sikap dan keterampilan proses sains. Penelitian dilakukan pada mahasiswa PGSD yang telah menempuh mata kuliah Pendidikan Sains yaitu semester V Tahun Akademik 2021/2022. Sampel berjumlah 79 mahasiswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Koleksi data dilakukan selama satu semester perkuliahan dengan menggunakan instrumen berupa lembar observasi, dan dokumen berbentuk karya tulis mahasiswa. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa range nilai akhir mahasiswa sebesar 74.099 dengan nilai minimum 13 dan nilai maksimum 87.099. Mediannya 70.005 dan rata-rata sebesar 65.867 dengan kategori baik. Jika diamati distribusinya, proporsi terbesar adalah nilai kualitatif B+ (30.4%) di mana kategorinya termasuk baik. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah kemampuan mahasiswa dalam menerapkan aspek produk, sikap dan keterampilan proses sains sudah baik.

References

Bradley, V. M. (2021). Learning Management System (LMS) use with online instruction. International Journal of Technology in Education (IJTE), 4(1), 68–92. https://doi.org/10.46328/ijte.36

Can, B., Yildiz-Demirtas, V., & Altun, E. (2017). The effect of project- based science education programme on scientific process skills and conceptions of Kindergarten students. Journal of Baltic Science Education, 16(3), 395–413.

Dahdal, S. (2020). Using the WhatsApp Social Media Application for Active Learning. 1–11. https://doi.org/10.1177/0047239520928307

Darmuki, A. (2020). Upaya meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa menggunakan media aplikasi Google Meet berbasis unggah tugas video di youtube pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 655–661. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.687

Fearnley, M. R., & Amora, J. T. (2020). Learning Management System Adoption in Higher Education Using the Extended Technology Acceptance Model. IAFOR Journal of Education: Technology in Education, 8(2), 89–106.

Ferdianto, T., Faniru Pakuning Desak, G. G., & Lena. (2018). A Comparative Study of Teaching Styles in Online Learning Environment. International Conference on Information Management and Technology, ICIMTech 2017, 8273505. https://doi.org/10.1109/ICIMTech.2017.8273505

Fuady, I., Sutarjo, M. A. S., & Ernawati, E. (2021). Analysis of Students’ Perceptions of Online Learning Media During the Covid-19 Pandemic (Study of E-learning Media: Zoom, Google Meet, Google Classroom, and LMS). Randwick International of Social Science (RISS) Journal, 2(1), 51–56. https://doi.org/10.47175/rissj.v2i1.177

Gunawan, G., Sahidu, H., Susilawati, S., Harjono, A., & Herayanti, L. (2019). Learning Management System with Moodle to Enhance Creativity of Candidate Physics Teacher. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1417/1/012078

Herayanti, L., Gummah, S., Sukroyanti, B. A., Gunawan, G., & Makhrus, M. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah meggunakan media Moodle untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa pada materi gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(2), 158–167.

Indrawati, B. (2020). Tantangan dan peluang Pendidikan Tinggi dalam masa pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 39–48.

Mpungose, C. B., & Khoza, S. B. (2020). Postgraduate Students’ Experiences on the Use of Moodle and Canvas Learning Management System. Technology, Knowledge and Learning, 27(1), 1–16. https://doi.org/10.1007/s10758-020-09475-1

Nasution, A. R., Nandiyanto, A. B. D., & Department. (2021). Utilization of the Google Meet and Quiziz Applications in the Assistance and Strengthening Process of Online Learning during the COVID-19 Pandemic. Indonesian Journal of Educational Research and Technology, 1(1), 31–34. https://doi.org/10. 17509/xxxxt.vxix

Pustikayasa, I. M. (2019). Grup WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran (WhatsApp Group As Learning Media). Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 53–62. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v10i2.281

Putra, R. W. P. (2021). Improving the Students ’ Motivation in Learning English through Google Meet during the Online Learning. Englie: English Learning Innovation, 2(1), 35–42.

Saputro, B., & Susilowati, A. T. R. I. (2019). Effectiveness of Learning Management System (LMS) on In-Network Learning System (SPADA) Based on Scientific. Journal for the Education of Gifted Young, 7(3), 481–498.

Septantiningryas, N., Juhji, J., Sutarman, A., Rahman, A., Sa’adah, N., & Nawisa. (2021). Implementation of Google Meet Application in the Learning of Basic Science in the Covid-19 Pandemic Period of Student Learning Interests. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1779/1/012068

Simanullang, N. H. ., & Rajagukguk, J. (2020). Learning Management System (LMS) based on Moodle to improve students learning activity. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1462/1/012067

Syazali, M., Widiade, I. K., Nursaptini, N., Sriwartini, N. L. P. N., & Hasnawati, H. (2020). Evaluasi keterampilan menulis makalah pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 546–556. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2775

Tim Penyusun. (2019). Pedoman Akademik Universitas Mataram. Mataram: Mataram University Press.

Widiyono, A. (2020). Efektifitas Perkuliahan Daring (Online) pada Mahasiswa PGSD di Saat Pandemi Covid 19 Aan Widiyono. Jurnal Pendidikan, 8(2), 169–177.

Widodo, A., Jailani, A. K., Novitasari, S., Sutisna, D., & Erfan, M. (2020). Analisis kemampuan menulis makalah mahasiswa baru PGSD Universitas Mataram. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, VI(1), 77–91.

Widodo, A., Nursaptini, N., Novitasari, S., Sutisna, D., & Umar, U. (2020). From face-to-face learning to web base learning: How are student readiness? Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 149–160. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6801

Yensy, N. A. (2020). Efektifitas Pembelajaran Statistika Matematika melalui Media Whatsapp Group Ditinjau dari Hasil Belajar Mahasiswa (Masa Pandemik Covid 19). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 65–74. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr

Downloads

Published

2022-03-31

Issue

Section

Articles