BAGAIMANA MINDSET GURU SEKOLAH DASAR TERHADAP PERUBAHAN MODEL PEMBELAJARAN?

Authors

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v5i2.10361

Keywords:

pola pikir, profesionalisme guru, model pembelajaran

Abstract

Perubahan dan perkembangan dalam dunia pendidikan tidak pernah berhenti. Guru sebagai agen pembelajaran dituntut untuk terus berinovasi. Guru diharapkan dapat menyesuaikan terhadap segala bentuk perubahan, salah satunya yang berkaitan dengan model pembelajaran di kelas. Model pembelajaran selalu berkembang menyesuaikan dengan perkembangan teori pembelajaran modern terbaru. Dinas Pendidikan dan para pemerhati pendidikan selalu memberikan pelatihan kepada guru terkait dengan perkembangan model pembelajaran terkini. Tujuannya tidak lain adalah meningkatkan profesionalisme guru dalam megajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana cara berpikir guru dalam menghadapi perubahan model pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah guru sekolah dasar. Lokasi penelitian pada salah satu sekolah dasar di desa Setiling Kabupaten Lombok Tengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak semua guru mau menerima perubahan model pembelajaran yang diberikan. Sebagian besar guru masih kesulitan untuk melakukan perubahan cara mengajar di kelas. Guru merasa cukup puas dengan kinerja yang telah dilakukan. Guru tidak mau menerima perubahan yang ditawarkan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. Perubahan tidak perlu dilakukan karena model pembelajaran yang diterapkan selama ini dianggap telah berhasil. Tujuan utama guru dalam mengajar masih berorientasi pada menghabiskan materi pelajaran sesuai dengan tuntutan kurikulum.

References

Abdullah, W. (2018). Model Blended Learning dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran. In Fikrotuna (Vol. 7, Issue 1). https://doi.org/10.32806/jf.v7i1.3169

Amelia, R. (2018). Model-model pembelajaran matematika. Bumi Aksara.

Anggara, A., & Rakimahwati, R. (2021). Pengaruh Model Quantum learning terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3020–3026. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1265

Banerjee, A., Banerji, R., Berry, J., Duflo, E., Kannan, H., Mukherji, S., Shotland, M., & Walton, M. (2016). Mainstreaming An Effective Intervention: Evidence From Randomized Evaluations Of ‘Teaching At The Right Level’ In India (No. 22746). http://www.nber.org/papers/w22746

Daryanto, & Sudjendro, H. (2014). Pengembangan Dan Model Pembelajaran Tematik Integratif. Penerbit Gava Media.

De Momando, D. R. (2016). Pengaruh penerapan model problem based learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi Kelas V SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 75–85.

Dwi Sulisworo, Tri Wahyuningsih, D. B. A. (2012). Fuzzy entropy on restricted fuzzy linear regression model with cross validation and applications. Hibah Materi Pembelajaran Non Konvensional, 5–8. https://doi.org/10.1109/ICACC.2012.2

Elyas, A. H. (2018). Penggunaan model pembelajaran e-learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Warta Dharmawangsa, 56.

Erfan, M., Maulyda, M. A., Affandi, L. H., Rosyidah, A. N. K., Oktavianti, I., & Hamdani, I. (2021). Identifikasi Wawasan Literasi Dasar Guru Dalam Pembelajaran Berbasis Level Kemampuan Siswa. Jurnal DIDIKA : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 1–18.

Farid, M. (2018). Fenomenologi: Dalam Penelitian Ilmu Sosial (1st ed.). Prenada Media.

Faturrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran. Ar-ruzz media.

Huda, M. (2017). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Kau, M. A. (2017). Peran guru dalam mengembangkan kreativitas anak sekolah dasar. Seminar Dan Lokakarya Nasional Revitalisasi Laboratorium Dan Jurnal Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan Dan Konseling Berbasis KKNI, 157–166.

http://journal2.um.ac.id/index.php/sembk/article/download/1281/655

Lakhsman, S. (2019). Improving reading and arithmetic outcomes at Pratham ’ s approach to teaching and learning Improving reading and arithmetic outcomes at scale : Teaching at the Right Level ( TaRL ), Pratham ’ s approach to teaching and learning. Revue Internationale d’éducation de Sèvres, 1(June), 1–6.

Mohiddin, & Purnamasary, D. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Konstruktivisme dan Kemampuan Awal Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMKN 1 Gorontalo. Jtceh, 1–5.

Octavia, S. A. (2020). Model-model pembelajaran. Deepublish.

Umuroh, K., & Agoestanto, A. (2016). Implementasi model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis dan kedisiplinan siswa. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang, 532–538.

Downloads

Published

2022-03-31

Issue

Section

Articles