PENGARUH STRATEGI GUIDED WRITING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN SISWA SEKOLAH DASAR

Hilman Hilmawan(1*), Nurani Hadnistia Darmawan(2), Ririn Julianti(3)

(1) PGSD - STKIP Bina Mutiara Sukabumi
(2) PGSD - STKIP Bina Mutiara Sukabumi
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Menulis merupakan salah satu aspek keterampilan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang harus dikuasai oleh siswa Sekolah Dasar. Menulis berperan penting dalam membantu siswa mengembangkan kesadaran fonologis, pengetahuan alfabet, dan kesadaran cetak yang sangat erat kaitannya dengan keterampilan membaca dan menulis di masa depan. Keterampilan menulis permulaan dilatih dan dikembangkan mulai dari kelas 1. Salah satu strategi yang tepat untuk diterapkan dalam pembelajaran menulis permulaan adalah guided writing. Inti dari guided writing adalah menggunakan teknik scaffolding untuk membimbing siswa dalam proses menulis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh strategi guided writing terhadap keterampilan menulis permulaan siswa kelas 1. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif pre-experimental the one group pretest-posttest design. Dalam pengujian hipotesis, setelah dilakukan uji paired sample t test, diperoleh nilai signifikansi 0,02 < α = 0,05. Hal tersebut mengindikasikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan strategi guided writing terhadap keterampilan menulis permulaan siswa kelas 1 sekolah dasar. Guided writing dapat dijadikan sebagai salah satu startegi pembelajaran yang tepat untuk diterapkan dalam pembelajaran menulis permulaan khususnya di kelas rendah sekolah dasar.


Keywords


Membaca permulaan; Guided writing

Full Text:

PDF

References


Andriani, dkk. (2018). Pengembangan Buku Pengayaan Keterampilan Menulis Permulaan yang Bermuatan Nilai Karakter pada Peserta Didik Kelas I SD. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 27-33.

Cahyani, Isah. (2012). Pembelajaran Menulis Berbasis Karakter dengan Pendekatan Experiental Learning. Bandung: Pendidikan Dasar SPS UPI.

Daffern, T., Mackenzie, N. M., & Hemmings, B. (2017). Predictors of writing success: How important are spelling, grammar and punctuation? Australian Journal of Education, 61(1), 75–87. https://doi.org/10.1177/0004944116685319.

Duranovic, Mirela., Mensur, Husseinbasic., & Sanela, Tinjak., (2012). Development of Phonological Awareness and Letter Knowledge in Bosnian Preschool Children. 4(2). http://dx.doi.org/10.5296/ijl.v4i2.1539.

Hilda, Karli. (2010). Membaca dan Menulis untuk Anak Usia Dini melalui Aktivitas dan Permainan yang Menyenangkan. Jurnal Pendidikan Penabur. 9(15).

Khatri, D. K. (2015). Effectiveness of Guided Writing in Teaching Composition. Journal of NELTA Surkhet, 4, 18–25. https://doi.org/10.3126/jns.v4i0.12856.

Lan, Y.-F., Hung, C.-L., & Hsu, H.-J. (2011). Effects of Guided Writing Strategies on Students ’ Writing. The Turkish Online Journal of Educational Technology, 10(4), 148–164.

Mackenzie, N. M., Scull, J., & Munsie, L. (2013). Analysing writing: The development of a tool for use in the early years of schooling. Issues in Educational Research, 23(3), 375–393.

Mulyati, Y & Cahyani, I. (2015). Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Mourssi, A. (2013). Theoretical and practical linguistic shifting from product /guided writing to process writing and recently to the innovated writing process approach in teaching writing for second/foreign language learners. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 3(5), 731–751.

Nuryamah, dkk. (2016). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan dalam Melengkapi Cerita Rumpang Menggunakan Media Gambar dan Papan Bergaris. Jurnal Pena Ilmiah. 1(1), 761-770.

Singh, C. K. S., Mei, T. P., Abdullah, M. S., Othman, W. M., Othman, W. M., & Mostafa, N. A. (2017). Perspectives on the Use of Picture Series in Teaching Guided Writing. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 6(4), 74–89. https://doi.org/10.6007/ijarped/v6-i4/3463.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats