KENDALA PEMBELAJARAN NUMERASI DI MASA PANDEMI DAN TANTANGAN GURU DALAM MENGHADAPINYA

Authors

  • Vivi Rachmatul Hidayati Prodi PGSD, FKIP, Universitas Mataram
  • Ketut Sri Kusuma Wardani Prodi PGSD, FKIP, Universitas Mataram
  • Ashar Pajarungi Anar Prodi PGSD, FKIP, Universitas Mataram
  • Hasnawati Hasnawati Prodi PGSD, FKIP, Universitas Mataram
  • Mohammad Archi Maulyda Prodi PGSD, FKIP, Universitas Mataram http://orcid.org/0000-0003-3199-1380

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v5i3.10668

Keywords:

numerasi, kendala, pembelajaran numerasi

Abstract

Pembelajaran numerasi tidak luput dari perhatian para praktisi maupun peneliti pendidikan. Secara umum, kemampuan numerasi fokus pada kemampuan siswa dalam menganalisis, menalar, merumuskan, menginterpretasikan, dan memecahkan maslaah matematika dalam berbagai konteks. Secara sederhana, keampuan numerasi siswa SD, dimulai dari pengenalan angka dan bilangan hingga proses pemecahan masalah. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan numerasi sangat penting dimiliki oleh siswa SD. Oleh karena itu, perlu diadakan suatu penelitian yang menganalisis kesulitan pembelajaran numerasi siswa SD. Penelitian ini merupakan penelitian kualilatif-deskriptif. Subjek penelitian adalah guru di SD (masing-masing 1 kelas untuk tiap level) di di Kecamatan Batukliang. Instrument penelitian adalah peneliti, lembar observasi dan pedoman wawancara semi-terstruktur. Subjek penelitian diwawancarai secara semi-terstruktur untuk mendapatkan data yang lebih mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa aspek yang sangat mempengaruhi keterlaksanaan dan kesuksesan pembelajaran numerasi. Pertama adalah ketersediaan sarana dan prasarana yang mendukung keterlaksanaan pembelajaran. Kedua adalah kompetensi guru. Ketiga adalah ketersedian media pmebelajaran sudah diakomodasi oleh sekolah namun masih belum maksimal sehingga guru harus lebih kreatif dalam merancang media yang baik. Keempat adalah ketersediaan modul sudah lengkap namun ada masukan berupa tambahan sentuhan kearifan local. Kelima adalah motivasi belajar siswa yang sudah baik. Keenam adalah dukungan orang tua dalam pembelajaran numerasi hendaknya ditingkatkan

Author Biographies

Vivi Rachmatul Hidayati, Prodi PGSD, FKIP, Universitas Mataram

Dosen

Ketut Sri Kusuma Wardani, Prodi PGSD, FKIP, Universitas Mataram

Dosen

Ashar Pajarungi Anar, Prodi PGSD, FKIP, Universitas Mataram

Dosen

Hasnawati Hasnawati, Prodi PGSD, FKIP, Universitas Mataram

Dosen

Mohammad Archi Maulyda, Prodi PGSD, FKIP, Universitas Mataram

Dosen

References

Albezuirat, M., Iqbal Hussain, M., Zulkepli, N. N., Albzeirat, M., & Elmetwally, A. (2020). The Main Protocols to Study Covid-19 Pandemic. International Journal of Multidisciplinary Sciences and Advanced Technology, 1(3), 23–31.

Antasari, I. W. (2016). DUKUNGAN ORANG TUA DALAM MEMBANGUN LITERASI ANAK. Journal of Library and Information Science, 6(2).

Apsari, R. A., Sripatmi, Sariyasa, Maulyda, M. A., & Salsabila, N. H. (2020). Pembelajaran Matematika dengan Media Obrolan Kelompok Multi-Arah sebagai Alternatif Kelas Jarak Jauh. Jurnal Elemen, 6(2), 318–332. https://doi.org/10.29408/jel.v6i2.2179

Boyd, D. J., Grossman, P. L., Lankford, H., Loeb, S., & Wyckoff, J. (2009). Teacher Preparation and Student Achievement. Educational Evaluation and Policy Analysis, 31(4), 416–440. https://doi.org/10.3102/0162373709353129

Bryant, D. P., Bryant, B. R., Roberts, G., Vaughn, S., Hughes, K., Pfannenstiel, J., & Porterfield, R. G. (2011). Early Numeracy Intervention Program for First-Grade Students with Mathematics Difficulties. Exceptional Students, 78(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1177/001440291107800101

Erfan, M., & Maulyda, M. A. (2020). Penggunaan Game Android Terhadap Kemampuan Mengenali Rumus Kimia Pada Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar. 15(2), 1–8. https://doi.org/10.29408/edc.v15i2.2698

Farihah, H. (2017). Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Stick Angka. Jurnal Teladan, 3(2), 12–33.

Fauth, B., Decristan, J., Decker, A.-T., Büttner, G., Hardy, I., Klieme, E., &

Kunter, M. (2019). Education: The Mediating Role of Teaching Quality. Teaching and Teacher Education, 86. https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.102882

Frymier, A. B., & Shulman, G. M. (2009). “What’s in it for me?â€: Increasing content relevance to enhance students’ motivation. Communication Education, 44(1).

Gunawan, Suranti, N. M. Y., & Fathoroni. (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(2), 61–70. https://doi.org/http://orcid.org/0000-0001-8546-0150

Herawati, N., Tobari, T., & Missriani, M. (2020). Analisis Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan di Sekolah Dasar Negeri 20 Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2).

Hewett, B. L., & Powers, C. E. (2007). Guest Editors’ Introduction: Online Teaching and Learning: Preparation, Development, and Organizational Communication. Technical Communication Quarterly, 16(1), 1–11. https://doi.org/10.1080/10572250709336574

Hidayati, V. R., Wulandari, N. P., Maulyda, A. M., Erfan, M., & Rosyidah, A. N. K. (2020). LITERASI MATEMATIKA CALON GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PISA KONTEN SHAPE AND SPACE. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(3), 185–194. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3. 185-194

Lestari, R., Faelasofi, R., & Suminto, S. (2021). Efektivitas Penggunaan Modul Numerasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh. JURNAL E-DuMath, 7(2), 42–50.

Maba, W., Perdata, I. B. K., Astawa, I. N., & Mantra, I. B. N. (2018). Conducting Assessment Instrument Models for Teacher Competence, Teacher Welfare as an Effort to Enhance Education Quality. International Research Journal of Management, IT & Social Sciences, 5(3).

Maulyda, M. A., Rosyidah, A. N. K., Apsari, R. A., FR, A. F. U., & Witono, A. H. (2020). Penggunaan Website Quizizz Untuk Mengevaluasi Hasil Belajar Calon Guru Sekolah Dasar. Fundamental Pendidikan Dasar, 3(2), 139–144.

N. Nasrudin, M., & Maryadi. (2018). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Pembelajaran di SD. Manajemen Pendidikan, 13(1). https://doi.org/10.23917/jmp.v13i2.6363

Radha, R., Mahalakshmi, K., Kumar, V. S., & Saravanakumar, A. R. (2020). E-Learning during Lockdown of Covid-19 Pandemic: A Global Perspective. International Journal of Control and Automation, 13(4), 1088–1099.

Rothan, H. A., & Byrareddy, S. N. (2020). The epidemiology and pathogenesis of coronavirus disease (COVID-19) outbreak. In Journal of Autoimmunity. https://doi.org/10.1016/j.jaut.2020.102433

Sohrabi, C., Alsafi, Z., O’Neill, N., Khan, M., Kerwan, A., Al-Jabir, A., Iosifidis, C., & Agha, R. (2020). World Health Organization declares global emergency: A review of the 2019 novel coronavirus (COVID-19). In International Journal of Surgery. https://doi.org/10.1016/j.ijsu.2020.02.034

Suprihatin, S. (2015). UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. PROMOSI: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 3(1).

Tout, D. (2020). Evolution of adult numeracy from quantitative literacy to numeracy: Lessons learned from international assessments. International Review of Education, 23(3), 456–478. https://doi.org/10.1007/s11159-020-09831-4

Widiantari, N. K. K., Suparta, I. N., & Sariyasa, S. (2022). Meningkatkan Literasi Numerasi dan Pendidikan Karakter dengan E-Modul Bermuatan Etnomatematika di Era Pandemi COVID-19. JIPM (JurnalIlmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 331–343. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.10218

W. H. O. (2020). Coronavirus disease (COVID-19) Pandemic. Website.

Widodo, Adi, S., & Wahyudin. (2018). Selection of Learning Media Mathematics for Junior School Students. Turkish Online Journal of Educational Technology - TOJET, 17(1), 154–160.

Downloads

Published

2022-05-31

Issue

Section

Articles