ANALISIS EFEKTIVITAS PENGGUNAAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Yunita Dwi Tamara PGSD Universitas Negeri Malang
  • M. Anas Thohir PGSD Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v5i3.10760

Keywords:

Youtube, Pembelajaran Jarak Jauh, Sekolah Dasar

Abstract

Adanya pembelajaran jarak jauh mendorong guru untuk memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi, salah satunya yaitu media video Youtube. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan Youtube sebagai media pembelajaran jarak jauh di sekolah dasar. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Penelitian ini melibatkan 24 siswa dan 1 guru di salah satu sekolah dasar yang ada di Kabupaten Nganjuk. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposeful Sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Youtube dapat menarik minat siswa, mampu memperjelas materi, dan dapat memotivasi siswa untuk belajar serta mampu meningkatkan hasil belajar  sehingga penggunaan Youtube dapat membuat proses pembelajaran jarak jauh menjadi lebih efektif.

Kata Kunci: Youtube, Pembelajaran Jarak Jauh, Sekolah Dasar

 

References

Alifillah, A. (2020). Pengaruh Media Powtoon Melalui E-Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V MI Al-Ihsan Pamulang. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Astriyani, A., & Fajriani, F. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Youtube Materi Phytagoras Terhadap Keaktifan Belajar Matematika Siswa. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 87–90. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.87-90

Balbay, S., & Killis. (2017). Students’ Perceptions of the use of a YouTube channel specifically designed for an Academic Speaking Skills Course. Eurasian Journal of Applied Linguistics, 3(2), 235–251.

Mujianto, H. (2019). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar Dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 5(1), 135–159. www.journal.uniga.ac.id135

Oktapiyani, R., Tanjung, R., & Arini, D. ajeng. (2021). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Tahsinia, 2(2).

Pambudi, H. A., Yuliawan, D., & Allsabah, M. A. H. (2021). Minat dan Motivasi Belajar Penjasorkes Saat Era New Normal di SD Negeri Se Kecamatan Megaluh Kabupaten Jombang Tahun Ajaran 2020/2021. Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Saldana, Miles, & Huberman. (2014). Qualitative Data Analysis. SAGE Publications.

Salsabila, Seviarica, & Hikmah. (2020). Urgensi Penggunaan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 284–304.

Samosir, F. T., Pitasari, D. N., & Tjahjono, P. E. (2018). Efektivitas Youtube sebagai Media Pembelajaran Mahasiswa (Studi Di Fakultas FISIP Universitas Bengkulu). Record and Library Journal, 4(2), 81–91. https://e-journal.unair.ac.id/index.php/RLJ

Siwi, R. (2021). Pemanfaatan Media Youtube Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas VB SD Negeri Mentasan 02 Tahun Pelajaran 2020/2021 Kecamatan Kawunganten Kabupaten Cilacap. Educatif Journal of Education Research, 3(3), 83–87.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sutopo, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Agama Buddha Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Youtube. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 5(6), 1767–1772.

Sylphiasimanjuntak, U., Silalahi, D. E., Sihombing, P. S. R., & Purba, L. (2021). Students’ Perceptions Of Using Youtube As English Online Learning Media During Covid-19 Pandemic. JOLLT Journal of Languages and Language Teaching, 9(2), 150–159. https://doi.org/10.33394/jollt.v%vi%i.3567

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114.

Wijayanti, A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Berbantuan Youtube Dengan Model Peer Teaching Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education (AJME), 3(1), 41–57. https://doi.org/10.15408/ajme.v3i1.20228

Downloads

Published

2022-05-31

Issue

Section

Articles