PENGARUH MODEL PROJECT-BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SD

Authors

  • Muhamad Furqon Al Hadiq STKIP Bina Mutiara Sukabumi
  • Gilang Mas Ramadhan STKIP Bina Mutiara Sukabumi
  • Devi Sri Rahayu STKIP Bina Mutiara Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v5i3.10905

Keywords:

project-based learning, berpikir kreatif

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif bagi siswa saat ini merupakan kebutuhan demi menjawab tuntutan dinamika di abadi 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa menggunakan model project-based learning pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian berjenis pre-experimental dengan desain one group pretest-postest. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar berjumlah 26 orang. Hasil menunjukan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa sebelum menggunakan model project-based learning memiliki nilai rata- rata 60,96, kemampuan berpikir kreatif siswa sebelum menggunakan model project-based learning memiliki nilai rata- rata sebesar 85,38. Penelitan ini berkesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan anatara kemampuan berpikir kreatif siswa setelah model project-based learning.

 

References

Al Hadiq, M. F. (2020). Dampak Kurikulum Full-Day Terhadap Karakter Mandiri Siswa Sekolah Dasar. http://repository.upi.edu/id/eprint/46623.

Fauziah, L., dkk. (2021). Pengembangan TTCT-V (Torrance Test Of Creative Thinking Verbal) Berbasis Lingkungan Untuk Tingkat SMA.

Hartono, D. P., & Asiyah, S. (2018). PjBL Untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa : Sebuah Kajian Deskriptif Tentang Peran Model Pembelajaran PJBL Dalam Meningkatkan. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang, 2 (1):1–11. https://jurnal.univpgri palembang.ac.id/index.php/prosiding/index.

Hondzel, C. (2015). Culture and Creativity: Examining Variations in Divergent Thinking Within Norwegian and Canadian Communities. Sage Open,:1-13. https://10.1177/2158244015611448

Hosnan,(2014), Pendekatan Saintifik dan Kontektual dalam pembelajaran abad XXI Ghalia

Indonesia.

Khoerunisa, E. & Hanibah, E. (2020). Profil Keterampilan Abad 21 (21st Century Soft Skills) Pada Mahasiswa. IKTISYAF: Jurnal Ilmu Dakwah dan Tasawuf, 2 (2):55-68, https://doi.org/10.53401/iktsf.v2i2.20.

Solihudin, A., Fajar, I. N., & Septian, G. D. (2019). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep IPS Menggunakan Model Project Based Learning Untuk Kelas V SD. Creative of Learning Students Elementary Education, 2 (5):211-220. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/3360/1233.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Yusuf, S. (2018). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : Rajawali Pers. pp.96

Downloads

Published

2022-05-31

Issue

Section

Articles