IMPLEMENTASI MODEL EVALUASI CIPP PADA PEMBELAJARAN DARING SDIT ADZKIA 2 SUKABUMI

Authors

  • Ardi Cahyadireja STKIP Bina Mutiara Sukabumi
  • Esmi Tsalsa Sofiawati STKIP Bina Mutiara Sukabumi
  • Ratnasari Ratnasari STKIP Bina Mutiara Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v5i3.10908

Keywords:

Evaluasi Program, CIPP, Pembelajaran Daring

Abstract

Penelitian menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, dan Product) sebagai alat melakukan evaluasi. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu riset-evaluasi dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian evaluasi ini yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data diperoleh dari kepala sekolah, guru, wali kelas, staff TU, staff kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan, program pembelajaran daring di SDIT Adzkia 2 Sukabumi telah mencapai hasil yang baik dalam pelaksanaannya. Hal itu dapat dilihat dari kesesuaian indikator yang dinilai dengan 4 komponen evaluasi CIPP yaitu pada komponen context terdapat landasan hukum dan tujuan dilaksanakannya program, pada komponen input, terdapat sumber daya manusia, sasaran dan sarana prasarana dalam pelaksanaan program, pada komponen process terdapat proses perencanaan, sosialisasi program dan proses monitoring, pada komponen product terdapat laporan hasil program dan ketercapaian tujuan program. Secara keseluruhan pelaksanaan program pembelajaran daring di SDIT Adzkia 2 Sukabumi dapat dikatakan telah efektif karena telah memenuhi standar kriteria yang telah ditentukan. Namun, terdapat beberapa fokus yang perlu ditingkatkan diantaranya, 1) memperbanyak program tambahan untuk mengisi waktu luang para peserta didik selama belajar di rumah, 2) kepala sekolah untuk lebih intens melakukan sosialisasi dan komunikasi dengan orang tua siswa, 3) guru untuk lebih banyak memberikan variasi dalam media pembelajaran

References

Akhyar, M. (2007). Penerapan Riset Evaluasi dalam Bidang Pendidikan : Sebuah Pedoman Praktis. Jurnal Pendidikan Agama Islam, IV(1).

Ananda, R., & Rafida, T. (2017). Pengantar Evaluasi Program Pendidikan (C. Wijaya (ed.)). Perdana Publishing.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan , Solusi dan Harapan : Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3).

Arikunto, Suharsimi dan Jabar, C. S. A. (2018). Evaluasi Program Pendidikan (kedua). PT Bumi Aksara.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1).

G, A. L. N., Lestari, A. A., & Melani, F. (2021). Analisis Evaluasi Pembelajaran Daring ( Online ) Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 6.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home ( SFH ) Selama Pandemi Covid 19 Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 8(1).

Hardani, H., Medica, P., Husada, F., Andriani, H., Sukmana, D. J., & Mada, U. G. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (H. Abadi (ed.); Issue March). CV. Pustaka Ilmu Group.

K, Dedy Achmad, dkk. (2016). Perencanaan Pembiayaan Pendidikan (Studi Kasus di Sekolah Dasar). Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(2).

Lubis, S. (2020). Evaluasi Pembelajaran Daring (Online) Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Empat Sekolah Dasar Islam Plus (Sdip) Ylpi Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Islam, 9(2).

Mahmudi, I. (2011). CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan. Jurnal At-Ta’dibrnal At-Ta’dib, 6(1).

Matondang, Z. (2009). Validitas dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian. Tabularasa PPS Unimed, 6(1).

Munthe, A. P. (2015). Pentingya Evaluasi Program Di Institusi Pendidikan: Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan dan Manfaat. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 1.

Muryadi, A. D. (2017). Model Evaluasi Program dalam Penelitian Evaluasi. Jurnal Ilmiah Penjas, 3(1).

Putria, H. dkk. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4).

Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Habibah, R., & Dahlan, U. A. (2020). Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2).

Sinta, I. M. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana. Jurnal Islamic Educational Management, 4(1).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.); kedua). Alfabeta, cv.

Triwijayanto, T. (2015). Pelaksanaan Monitoring, Evaluasi, dan Pelaporan Untuk Penilaian Kinerja Manajerial Kepala Sekolah. Cakrawala Pendidikan, Vol 1, No.1.

Downloads

Published

2022-05-31

Issue

Section

Articles