Analisis Nilai Toleransi Pada Serial Animasi Film Nussa dan Rara untuk Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Rena Widya Sari Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Arya Setya Nugroho

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v5i4.11332

Keywords:

Tolerance, Film, Literature Study

Abstract

Abstract

Character formation cannot be separated from the scope of education. However, nowadays, the education world still cannot achieve this goal. It happens as education in Indonesia only provides theoretical knowledge without implementation. This can be seen by the decreased value of tolerance in society, where the millennial generation has an individualistic attitude by not caring about the surrounding environment due to the influence of technology. These problems can encourage the development of technology in the world of education. This study aimed to obtain information relevant to the problem under study. The study of literature is the method used in this research, with secondary data collection techniques through several journals analysis and scientific articles related to the problem and titles. The instrument in this research is the researcher himself. From the five episodes of the animated film Nussa and Rara, the results show several values of tolerance that are conveyed, namely religious, social and cultural tolerance. The researcher hopes that the film Nussa and Rara can be seen by people of different ages because it contains many important values of life. The results of this study can also utilize the material for comparison and reference for research as well as considerations for further deepening further research.

 

Keywords: Tolerance, Film, Literature Study

 

Abstrak

 

Pembentukan karakter tidak terlepas dari lingkup pendidikan. Namun pada realita saat ini, dunia pendidikan masih belum mampu menjangkau tujuan tersebut. Karena pendidikan di Indonesia hanya memberikan ilmu secara teori, sedangkan implementasinya belum ada. Hal tersebut dapat diketahui dengan adanya nilai toleransi masyarakat yang terkikis, dimana generasi milenial yang memiliki sikap individualis dengan tidak peduli lingkungan sekitar akibat adanya pengaruh teknologi. permasalahan tersebut mampu mendorong perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan. Penelitian ini memiliki tujuan memperoleh informasi relevan dengan masalah yang diteliti. Studi literatur atau pustaka menjadi metode yang digunakan pada penelitian ini, dengan Teknik pengumpulan data sekunder melalui analisis beberapa jurnal, artikel ilmiah yang berkaitan dengan masalah dan judul. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Dari 5 episode film animasi Nussa dan Rara diperoleh hasil bahwa terdepat beberapa nilai toleransi yang disampaikan yaitu nilai toleransi agama, sosial dan budaya. Peneliti berharap Film Nussa dan Rara dapat disaksikan semua kalangan karena banyak nilai-nilai penting kehidupan yang dapat diambil didalamnya. Hasil penelitian ini juga dapat dipergunakan sebagai bahan perbandingan dan referensi bagi penelitian serta pertimbangan untuk lebih memperdalam penelitian selanjutnya.

 

Kata Kunci: Toleransi, Film, Studi Pustaka

References

Bakhtiyar. (2021). Pendampingan Orang Tua Terhadap Perkembangan Anak Dalam Menonton Tayangan Televisi Guna Menumbuhkembangkan Minat Baca. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(06), 111–133.

Baron, R.A. & Byrne, D. (2005). Psikologi sosial (Edisi kese). Erlangga.

Darmiatun, D. &. (2013). Pendidikan Karakter di Sekolah. Gava Media.

Dhohiah, D. (2021). Toleransi di Kalangan Generasi Milenial. https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/toleransi-di-kalangan-generasi-milenial

Fauziddin, M. (2016). Paud Tambusai. Paud Tambusai Pgpaud Stk, 2 Nomor 1, 29–45.

H.E. Mulyasa. (2011). Manajemen pendidikan karakter. Bumi Aksara.

Istifarriana, D. M. (2021). Karakter Religius Anak Usia Dini Dalam Film Animasi Nussa Dan Rara. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Jannah, A. N., Ismaya, E. A., Setiawan, D., & Kudus, U. M. (2022). Persepsi Anak Usia 12 Tahun Terhadap Film Animasi Nussa Dan Rara Episode Libur Jangan Lalai Di Desa Klecoregonang Kecamatan Winong Kabupaten Pati. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(1), 171–177.

Japar, M., Irawaty, I., & Fadhillah, D. N. (2019). Peran Pelatihan Penguatan Toleransi Sosial Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(2), 94–104. https://doi.org/10.23917/jpis.v29i2.8204

Lestari, H. A., Listyarini, Ika, & Setianingsih, E. S. (2022). Analisis Nilai Karakter Dalam Serial Animasi “Nussa Dan Rara†Karya Aditya Triantoro. Praniti Jurnal Pendidikan, Bahasa, & Sastra, 2(1).

Mangantibe, V. Y., & Taliwuna, M. C. (2021). Toleransi Beragama Sebagai Pendekatan Misi Kristen Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH), 3(1), 33–47. https://doi.org/10.37364/jireh.v3i1.56

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26

Nuha, I. dan F. (2021). Nilai Peduli Sosial Pada Film Animasi Nussa Dan Rara. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 03(2), 207–213. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd/article/view/4722

Rahmah, D. F. (n.d.). Nilai-Nilai Akhlak Karimah Dalam Film Kartun Nussa Rara Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Anak Usia Sekolah Dasar. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Rosa, C. M. I. (2021). Nilai-Nilai Toleransi Dalam Serial Kartun Nussa Serta Relevansinya Dengan Pendidikan Karakter Peduli Sosial Bagi Siswa Tingkat Dasar. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Said Agil Husin Al Munawar, H. (2005). Fiqih Hubungan Antar Agama (K. H. Abdul Halim (ed.)). Ciputat Press.

Sayekti, O. M. (2019). Film Animasi “Nussa dan Rara Episode Baik Itu Mudah†sebagai Sarana Penanaman Karakter pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 164–171. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i2.29093

Sodik, F. (2020). Pendidikan Toleransi dan Relevansinya dengan Dinamika Sosial Masyarakat Indonesia. Tsamratul Fikri | Jurnal Studi Islam, 14(1), 1. https://doi.org/10.36667/tf.v14i1.372

Soekanto, S. (2015). Sosiologi Suatu Pengantar. PT Rajawali Pers.

Vinkasari, E., Cahyani, E. T., Akbar, F. D., & Santoso, A. P. A. (2015). Toleransi Antar Umat Beragama. Pendidikan, 23(2), 192.

Yunus, Y., & Mukhlisin. (2020). Sosial-Budaya: Harmonisasi Agama Dan Budaya Dalam Pendidikan Toleransi. Kalam: Jurnal Agama Dan Sosial Humaniora, 8(2), 1–26. https://doi.org/10.47574/kalam.v8i2.78

Zed, & Mestika. (2003). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.

Downloads

Additional Files

Published

2022-07-17

Issue

Section

Articles