MODEL KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY DALAM PEMBELAJARAN PPKN DI KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v5i4.11443Keywords:
model kooperatif, TSTS, pembelajaran PPKnAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kegiatan pembelajaran di kelas V sekolah dasar, apakah pembelajaran yang diterapkan dikelas cukup membuat siswa dapat memahami materi pembelajaran yang guru sampaikan khususnya dalam pembelajaran PPKn materi hak dan kewajiban dalam kegiatan sehari-hari. Pendekatan yang dilakukan oleh peneliti adalah kualitatif deskriptif dimana partisipannya ialah guru kelas VA dan VB serta peserta didik kelas VA dan VB. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa di SDN Mangkubumi Tasikmalaya belum pernah menerapkan model kooperatif Two Stay Two Stray khususnya dalam pembelajaran PPKn materi hak dan kewajiban sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari.
References
Darmayasa.I.W.G.S, Suara.I.M, & Manuaba.I.B.S, &. (2013). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN Universitas Pendidikan Ganesha. Mimbar PGSD Undiksha, 1. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.922
Eddy, N., & Huda, N. . (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS IV Eddy Noviana , Muhammad Nailul Huda PGSD , Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 7, 204–210.
Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F. (2020). PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH DASAR NEGRI BOJONG 3 PINANG. 2, 97–104. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/bintang.v2i3.995
Nurhidayah, D., Suhendar, I. F., & Suryakancana, U. (2021). Peranan mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam mengembangkan budaya demokratis. Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan, 11(2), 40–50.
Suhartini, C. (2019). Peningkatan Prestasi Belajar PKn melalui Metode Kooperatif Pada Siswa SD. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5, 96–102. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jpi.v5i3.46461