PELATIHAN DARING MENULIS KARANGAN UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR SEBAGAI BAGIAN DARI PERWUJUDAN GERAKAN INDONESIA BERSATU

Authors

  • Deanty Rumandang Bulan Universitas Bale Bandung
  • Rae Dadela Universitas Bale Bandung

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v5i4.11680

Keywords:

GNRM, Revolusi Mental, Menulis

Abstract

Gerakan Indonesia Bersatu merupakan salah satu bentuk program Gerakan Revolusi Mental (GRNM) yang berfokus pada peningkatan perilaku yang mendukung kehidupan demokrasi Pancasila, peningkatan perilaku toleran dan kerukunan inter dan antar umat beragama, peningkatan perilaku yang mendukung kesadaran nasionalisme, patriotisme dan kesetiakawanan sosial, peningkatan kebijakan yang mendukung persatuan dan kesatuan bangsa, peningkatan perilaku yang memberikan pengakuan dan perlindungan terhadap kaum minoritas, marjinal dan berkebutuhan khusus. Sebagai bentuk peningkatan perilaku nasionalisme dan patriotisme, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dalam bentuk peningkatan kemampuan menulis karangan untuk siswa sekolah dasar melelui pelatihan yang dilaksanakan secara daring. Setelah kegiatan ini dilaksanakan, siswa menjadi lebih percaya diri dalam menyampaikan idenya dalam bentuk karangan. 

References

Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35-44. http://dx.doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839

Anugrah, Boy. (2021). Pembinaan Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM). 10.13140/RG.2.2.27684.40320

Bulan, D. R. (2019). Bahasa Indonesia sebagai identitas nasional bangsa Indonesia. JISIPOL| Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 3(2), 23-29, https://unibba.ac.id/ejournal/index.php/jisipol/article/view/115

Dalman, H. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Iskandarwassid & Dadang Sunendar. (2013). Strategi Pembelajaran Bahasa. Penerbit Nusansa

Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan. Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Primayana, K. H. (2022). Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa indonesia di sekolah dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 50-54. https://doi.org/10.37329/cetta.v5i1.1542

Downloads

Published

2022-07-17

Issue

Section

Articles