ANALISIS PEMAHAMAN GURU DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM MERDEKA BELAJAR DI SEKOLAH DASAR

Diana Silaswati(1*)

(1) Universitas Bale Bandung
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memperoleh informasi tentang tingkat pemahaman guru pada jenjang pendidikan dasar di kabupaten Bandung terhadap konsep-konsep program merdeka belajar dan implementasinya, masalah yang dianalisis dalam penelitian adalah mengenai penguasaan dan kemampuan guru-guru SD di dalam memahami program merdeka belajar yang meliputi pemahaman terhadap kebijakan terkait merdeka belajar, implementasi berbagai konsep pembelajaran merdeka belajar di Sekolah Dasar, kemampuan guru mengembangkan kreativitasnya dalam mengimplementasikan program merdeka belajar, serta upaya guru mengatasi berbagai permasalahan yang ditemukan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran merdeka belajar karena sejatinya seorang guru harus dapat memahami ruh dari setiap perubahan kebijakan dalam dunia pendidikan sebelum mengimplementasikannya. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, untuk mendapatkan kredibilitas penelitian dilakukan dengan triangulasi, peer debriefing, penggunaan bahan referensi, dan mengadakan member check. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui kuesioner, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat pemahaman guru sekolah dasar di kabupaten Bandung terhadap konsep-konsep program merdeka belajar dan implementasinya masih tergolong rendah. Namun, terdapat dampak positif dengan pemberlakuan program merdeka belajar, di antaranya adanya keleluasaan guru dan sekolah untuk membuat kurikulum sendiri yang disesuaikan dengan keadaan siswa, sekolah, dan lingkungan.

 


Keywords


Pemahaman Guru SD, Implementasi, Program Merdeka Belajar.

References


Cox, Carole, (1998). Teaching Language Arts, A Student And Response Centered Classroom, Long Beach: California State University.

DePorter, Bobbi. (2000). Quantum Teaching. Terjemahan Nilandari, A. Bandung: Kaifa.

Eanes, R. (1997). Content Area Literacy, Teaching for Today and Tomorrow. Albany: Delmar Publisher.

Hamalik, Oemar. (1990). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Hamalik, Oemar. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

J.H. Mc. Millan, Sally Schumacher. (2001). Research In Education. New York: Longman.

Mulyasa, E. (2021). Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Prihantini. (2020). Strategi Pembelajaran SD. Jakarta: Bumi Aksara.

Sagala, Syaiful. (2005). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/collase.v5i4.11775

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats