HUBUNGAN IKLIM KELAS DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH ALAM KOTA DEPOK

Dwi Anjani Hastari(1*)

(1) Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan yang signifikan antara iklim kelas dengan motivasi belajar siswa Sekolah Alam Kota Depok. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD 5 Sekolah Alam Kota Depok. Sampel penelitian ini berjumlah 125 siswa, diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket sebagai data utama, observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai data kedua. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukan iklim kelas termasuk dalam kategori baik dengan skor rata-rata sebesar 78,49, dan motivasi belajar termasuk dalam kategori tinggi dengan skor rata-rata sebesar 78,17. Berdasarkan hasil hipotesis (product moment) diperoleh angka indeks korelasi (rhitung) sebesar 0,685 dengan arti ada korelasi atau hubungan antar kedua variabel yang termasuk kategori koefisien korelasi kuat.Simpulan penelitian ini ialah ada hubungan yang signifikan antara iklim kelas dengan motivasi belajar siswa kelas V SD Sekolah Alam Kota Depok, yang ditunjukan dengan uji hipotesis yang menunjukan rhitung > rtabel (0,685 > 0,175). Saran bagi guru, diharapkan dapat memunculkan atau menciptakan iklim kelas yang positif, dengan seperti itu dapat memotivasi siswa dalam belajar.


Keywords


Hubungan, Iklim Kelas, Motivasi Belajar



DOI: http://dx.doi.org/10.22460/collase.v5i5.12069

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats