ANALISIS PEMBENTUKAN NILAI KARAKTER JUJUR SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI KANTIN KEJUJURAN

Suci Wahyu Ningsih(1*)

(1) Universitas Pendidikan Kampus Tasikmalaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Indonesia mungkin belum memberikan penekanan bagaimana pembelajaran karakter bisa diterapkan secara total sebagai pelajaran wajib karena ini terbentur dengan kurikulum yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Namun banyak cara yang bisa dilakukan salah satunya adalah kantin kejujuran. Kantin kejujuran adalah sistem kantin dimana siswa dapat bertransaksi untuk kebutuhannya dan melakukan pembelian secara jujur dan transparan meskipun tidak ada penjaga atau orang yang mengawasi saat proses pembelian yang dilakukan secara mandiri oleh siswa. Penelitian yang digunakan pada tulisan ini menggunakan metode kajian pustaka secara deskriptif. Data yang digunakan pada penelitian ini berasal dari lapangan, buku, jurnal, penelitian serupa yang mengkaji pada tema yang sama dengan penelitian ini.  Penelitian ini menggunkan teknik analisa data untuk menjawab rumusan masalah. Penelitian ini mengkaji beberapa sumber untuk mengetahui apa saja faktor pembetukan karakter melalui kantin kejujuran pada siswa sekolah dasar.  Kesimpulan yang bisa diambil dari tulisan ini adalah konsep kantin kejujuran memiliki konsep self service yang mana ini perlu penjelasan terlebih dahulu kepada siswa sekolah dasar dan keuntungan penggunaan kantin kejujuran untuk membentuk karakter jujur, disiplin, tanggung jawab dalam diri siswa. 

Keywords


Jujur, Pendidikan Karakter, Kantin

References


Aldilla Yulia Wiellys Sutikno, F. A. (2021). Membangun Nilai Integritas Melalui Kantin Kejujuran Di SMK Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong. Jurnal ABDIMASA Pengabdian Masyarakat; Volume 4 No.2 Juli, pp. 25-33.

Annisa’ Auliyairrahmah, S. D. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Integritas Sub Nilai Kejujuran melalui Program Kantin Kejujuran di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 3 Nomor 6, pp. 3565 - 3578.

Arrahim. (2016). Pengembangan Pendidikan Karakater Melalui Kantin Kejujuran. Jurnal Civic Hukum Volume 1, Nomor 2, November, pp. 49-55.

Dandi Sugandi, D. S. (2019). Karakter dan Sifat Kejujuran Mahasiswa Melalui Kantin Kejujuran. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter Vol. 2 No. 1 April, pp. 15-22.

Hasan Asy'ari Najmuddin, L. A. (2020). The Analysis of Learning Strategies For Character Developmnt of Students During Covid-19 Pandemic. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan, pp. 136-150.

Hidayat, A. S. (2012). Manajemen sekolah berbasis karakter. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 1(01), 8–22. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/2580

Karyono, S. C. (2019). Implementation of Character Education for Creating Integrity Schools A Case Study At Public Junior High School 2 Pekalongan in 2015. Journal of Educational Social Studies, pp. 111-119.

Khoirul Anam, I. D. (2019). Kantin Kejujuran Sebagai Upaya Dalam Pembentukan Karakter. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan Vol. 13, No. 1, pp. 21-32.

Martanti, F. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Melalui Media Kantin Kejujuran di Pondok Pesantren Al Hikmah Semarang. Sosio Dialektika- Jurnal Ilmu Sosial-Humaniora Vol.2, No.1, pp. 43-56.

Rita Pramujiyanti Khotimah, D. S. (2020). Penanaman Karakter Kejujuran Melalui Kantin Anti Korupsi pada Siswa SD/MI Ngargorejo, Ngemplak, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, Vol. 2, No. 1, pp. 24-27.

Si, I. M. (2018). PENTINGNYA SOSIALISASI BAGI ANAK (STUDI KAJIAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN). IJTIMAIYAH Jurnal Ilmu Sosial Dan Budaya, 2(1). http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ijtimaiyah/article/view/5716

Sudrajat, A. (2011). Mengapa pendidikan karakter? Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1). https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/1316.

Yuni Sri Rahayu, S. M. (2020). Implementation of Character Education at Elementary School Level in Sulawesi, Indonesia. Tarumanagara International Conference on the Applications of Social Sciences (pp. 447-457). Atlantis Press SARL.

Zurqoni, H. R. (2018). Strategy and Implementation of Character Education in Senior High Schools and Vocational High Schools. Journal of Social Studies Education Research, pp. 370-397.




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/collase.v5i5.12136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats