Pengaruh Permainan Tradisional Gobak Sodor Berbasis Socratic Method Terhadap Nilai Integritas Siswa Sekolah Dasar

Fitri Nuraini(1*), Lutfi Nur(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terkikisnya sikap jujur dan tanggung jawab yang merupakan bagian dari nilai integritas pada siswa di Sekolah Dasar. Hal ini ditandai dengan maraknya pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh anak-anak yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan pemanfaatan permainan tradisional gobak sodor berbasis socratic method. Tujuan penelitian ini ialah mengukur, menganalisis, dan mendeskripsikan nilai integritas siswa sekolah dasar sebelum dan sesudah diberikan perlakuan permainan tradisional gobak sodor berbasis socratic method. Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Laboratorium UPI Kampus Tasikmalaya. Metode yang digunakan adalah metode pre-experiment design tipe one group pretest-posttest design. Analisis yang digunakan berupa analisis data kuantitatif menggunakan Microsoft Excel 2013 dan SPSS 24. Nilai integritas siswa pada pretest dengan rata-rata skor 50,32. Sedangkan pada posttest dengan rata-rata sebesar 66,86. Hasil dari penelitian ini yaitu permainan tradisional gobak sodor berbasis socratic method berpengaruh terhadap nilai integritas siswa Sekolah Dasar.


Keywords


Permainan Tradisional, socratic method, nilai integritas



DOI: http://dx.doi.org/10.22460/collase.v5i5.12154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats