PERSEPSI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR TERHADAP KOMPONEN (LEVEL KOGNITIF) AKM LITERASI MEMBACA

Authors

  • Rakhil Kartina Nur Amanah

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v5i5.12230

Abstract

Asesmen Kompetensi Minimum merupakan program baru yang diselenggarakan oleh kemendikbud untuk menggantikan Ujian Nasional pada tahun 2021 sebagai salah satu alat evaluasi untuk meningkatkan kualitas maupun kuantitas dari segala aspek pembelajaran. Setelah melaksanakan AKM, siswa memiliki perspektifnya sendiri terkait AKM itu seperti apa. Maka dari itu, peneliti menginginkan data akurat terkait bagaimana persepsi siswa terhadap AKM. Fokus pendalaman yang ingin diketahui adalah salah satu komponen AKM yaitu level kognitif. Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan atau mendeskripsikan bagaimana persepsi siswa terhadap level kognitif pada AKM literasi membaca. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, partisipannya yaitu kelas V di salah satu sekolah dasar di kota Tasikmalaya. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk hasil penelitian menjelaskan bahwa secara umum persepsi siswa berada di kategori baik atau positif dimana siswa mampu menemukan informasi, memahami informasi, dan mengevaluasi serta refleksi.

Kata Kunci: Asesmen Kompetensi Minimum, Literasi Membaca, Level Kognitif.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles