Penggunaan Media Congklak Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Pembagian Bilangan Cacah di SD
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v5i6.12267Keywords:
Keefektifan Media Congklak, Hasil Belajar, Pembagian Bilangan CacahAbstract
References
Alamiah, U. S., & Afriansyah, E. A. (2017). “Perbandingan kemampuan komunikasi matematis siswa antara yang mendapatkan model pembelajaran problem based learning dengan pendekatan realistic mathematics education dan open-endedâ€. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 207-216.
Agustin, P. S. “Desain Didaktis Keliling Persegi Panjang Berbasis Model Pembelajaran SPADEâ€. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 33-41.
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018
Imawati, T., & Dharma, U. S. (2016). “Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika Pada Materi Luas dan Keliling Lingkaran di Kelas VIII E SMP Negeri 2 Jatinomâ€. Universitas Sanata Dharma: Yogyakarta.
Kholil, M., & Zulfiani, S. (2020). “Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah Da ’ watul Falah Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangiâ€. Journal of Primary Education, 1(2), 151–168.
Nengsih, G. A., & Pujiastuti, H. (2021). Analisis Kesulitan dalam Menyelesaikan Soal Materi Operasi Bilangan Cacah Siswa Sekolah Dasar. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 293. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9941
Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006
Rahayuningsih, S. (2017). “Penerapan model pembelajaran matematika model auditory intellectually repetition (AIR)â€. Erudio Journal of Educational Innovation, 3(2), 67-83.
Rahmadita, V. (2021). “Desain Didaktis Luas Daerah Persegi Berbasis Model Pembelajaran SPADEâ€. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 148-155.
Salim Nahdi, D. (2019). Keterampilan Matematika Di Abad 21. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 133–140. https://doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1386
Salim Nahdi, D., & Cahyaningsih, U. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Sd Kelas V Dengan Berbasis Pendekatan Saintifik Yang Berorientasi Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.31949/jcp.v5i1.1119
Simanullang, M. C. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik (Pmr) Terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Paradikma:Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 1–8. https://doi.org/10.24114/paradikma.v13i3.22916