PERSEPSI GURU MENGENAI PENTINGNYA KEMAMPUAN MENGEMBANGKAN SOAL TES BERBASIS LITERASI DAN NUMERASI DI SEKOLAH DASAR

Utami Dewi Rahmasari(1*)

(1) Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Guru berperan penting dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa.  Kemampuan literasi menuntut siswa mampu memahami dan menganalisis suatu informasi dan mengerti konsep yang disampaikan dalam suatu bacaan. Sedangkan kemampuan numerasi menuntut siswa dapat menerapkan konsep matematika mereka untuk digunakan dalam memecahkan permasalahan di kehidupan sehari-hari. Dengan itu, guru dituntut mampu mengembangkan soal tes literasi dan numerasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru mengenai pentingnya kemampuan guru dalam mengembangkan soal tes literasi dan numerasi di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan studi dokumentasi. Subjek penelitian ini melibatkan dua guru kelas IV sekolah dasar yang berbeda. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar wawancara dan lembar studi dokumentasi dengan teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi dari guru sudah menyadari pentingnya kemampuan mereka dalam mengembangkan soal tes literasi dan numerasi namun belum maksimal dikarenakan masih adanya kendala yaitu sulitnya menentukan tingkatan kognitifnya serta siswa masih belum terbiasa mengerjakan soal tes literasi dan numerasi. Para guru berpendapat bahwa kemampuan mereka dalam mengembangkan soal tes literasi dan numerasi di sekolah dasar masih rendah dan memerlukan adanya pelatihan khusus, sosialisasi, dan pembiasaan penerapan di sekolah.


Keywords


Guru; Soal Tes; Literasi; Numerasi; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Anas, M., Muchson, M., Sugiono, S., & Forijati, R. (2021). Pengembangan kemampuan guru ekonomi di Kediri melalui kegiatan pelatihan asesmen kompetensi minimum (AKM). Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 48-57.

Fiangga, S., Amin, S. M., Khabibah, S., Ekawati, R., & Prihartiwi, N. R. (2019). Penulisan soal literasi numerasi bagi guru SD di kabupaten Ponorogo. Jurnal Anugerah, 1(1), 9-18.

Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi numerasi dalam pembelajaran tematik siswa kelas atas sekolah dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9-15.

Sani, R. A. (2021). Pembelajaran Berorientasi AKM: Asesmen Kompetensi Minimum. Bumi Aksara.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Tohir, Mohammad. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. Tersedia Online: https://matematohir.wordpress.com/2019/12/03/hasil-pisa-indonesiatahun-2018-turun-dibanding-tahun-2015/ [21 April 2022]

Wati, I., & Kamila, I. (2019, February). Pentingnya guru professional dalam mendidik siswa milenial untuk menghadapi revolusi 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang (Vol. 12, No. 01).

Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. Quanta, 2(2), 83-91.




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/collase.v5i6.12345

Article Metrics

Abstract view : 109 times
PDF - 54 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats