ANALISIS METODE TALQIN, TIKROR, TASMI DAN MUROJA’AH DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL QUR’AN MAHASISWA PGSD IKIP SILIWANGI

Authors

  • Raden Tamtam Kamaluddin IKIP Siliwangi
  • Endin Mujahidin Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v5i6.12366

Keywords:

Al-Qur’an, Analisis, IKIP Siliwangi, Metode, Murojaah, Talqin, Tasmi, Tikror

Abstract

Merupakan program inti dari pembelajaran PAI adalah menghafal dan memahami Al-Quran, dan program tersebut merupakan tugas terstruktur Mata Kuliah PAI dengan target utama terbentuknya jiwa Qur’ani. Para mahasiswa sebagai generasi muslim dituntut harus bisa membaca, memahami dan mengamalkan Alquran bahkan dapat menghafalkannya secara baik dan benar. Terutama menghafalkan Al-Quran yang terdapat pada juz 30 yaitu surat yang belum pernah dihafalkan oleh para mahasiswa. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan dan efektivitas metode Talqin, Tikror, Tasmi dan Muroja’ah dalam meningkatkan hafalan al-Qur’an kepada para mahasiswa PGSD IKIP Siliwangi Kota Cimahi.m Penelitian menggunakan metode pendekatan kualitatif berjenis studi lapangan di kampus IKIP Siliwangi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dari berbagai para mahasiswa PGSD IKIP Siliwangi. Analisis penelitian menggunakan metode deduktif. Metode pembelajaran menghapal Al-Qur’an dengan menggunakan metode tersebut diatas secara keseluruhan sudah sangat efektif, terbukti para mahasiswa dapat dengan mudah mengikuti pembelajaran membaca dan menghafal Al Qur’an, namun terdapat beberapa mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam membaca serta menghafal Al-Qur’an, dikarenakan mereka belum mengenal makhorijul huruf dan ilmu tajwidnya. 

References

Akbar, A., & Ismail,H. (2016). Metode Tahfidz Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Kabupaten Kampar. Jurnal Ushuluddin, 24(1), 91-102.

Anwar, K., & Hafiyana, M. (2018). Implementasi Metode Odoa (One Day One Ayat) Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Quran. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(2), 181-198.

Fajriyah, H. (2108). Pengaruh Penerapan Metode Talqin terhadap Kelancaran Menghafal Surat Pendek (studi pada TPA KH. Ahmad Dahlan dan Roudhotul Jannah di Kecamatan DAU).

Najib, M. (2018). Implementasi Metode Takrir Dalam Menghafalkan Al Quran Bagi Santri Pondok Pesantren Punggul Nganjuk. Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 8(3), 333-342.

Rauf, Abdul A. A. (2015). Kiat Sukses Menjadi Hafidz Al-Qur’an Da’iyah. Jakarta: Markaz Al-Qur’an.

Sanjaya, L., & Norhan, L. (2016). Aplikasi Pembelajaran Menyusun Ayat Sebagai Metode Menghafal Al-Qur’an (Juz 30). Jurnal Online Informatika, 1(2), 87-91.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Safa’at, M.K., & Inayati, N.L. (2019). Efektivitas Metode Tikrar Dan Talqin Dalam Meningkatkan Pembelajaran Al-Qur’an Pada Program Unggulan Kelas Tahfidz Di SMP Islam Al Abidin Surakarta. The 10th University Research Colloqium 2019, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Gombong.

Wahid, W.A. (2014). Cara Cepat Bisa Menghafal Al-Qur’an. Jogjakarta: DIVA Press.

Downloads

Published

2022-11-29

Issue

Section

Articles