UPAYA GURU DALAM MENGATASI KECURANGAN AKADEMIK YANG DITEMUKAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID-19

Nasrullah Husen Batu(1), Camelia Safitri(2*)

(1) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof.DR.HAMKA
(2) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof.DR.HAMKA
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bermaksud agar mengetahui juga mendefinisikan tentang upaya guru dalam mengatasi kecurangan akademik yang ditemukan dalam proses pembelajaran daring selama masa pandemi covid – 19. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara serta dokumentasi. Kemudian hasil dari penelitian yang dilaksanakan memperlihatkan jika pengajar sudah berusaha untuk melakukan upaya untuk mengurangi kecurangan akademik terutama saat pembelajaran daring, mulai dari pembiasaan melakukan perbuatan yang baik, menjauhi melakukan perbuatan yang tidak jujur dan mengurangi kebiasaan mencontek agar siswa dapat lebih disiplin menerapkan perilaku jujur dan berbuat baik. Hanya saja masih ada peserta didik yang melakukan kecurangan tersebut tanpa memikirkan kesalahan yang telah mereka lakukan selama pembelajaran. Menurut (Sari dkk., 2021) Pada pembelajaran daring, peserta didik dapat menjadi kurang aktif dalam menyampaikan aspirasi dan pemikirannya, sehingga dapat mengakibatkan pembelajaran yang menjenuhkan seorang siswa yang mengalami kejenuhan dalam belajar akan memperoleh ketidakmajuan dalam hasil belajar. Akibatnya banyak diantara mereka yang melakukan kecurangan akademik pada akhirnya kesulitan dalam memahami pembelajaran yang telah diajarkan yang mana mempengaruhi kemampuan belajarnya dimasa mendatang.


Keywords


Upaya Guru, Kecurangan Akademik, Pembelajaran Daring

References


Al-abidin, & Nafisah, N. F. (2018). implementasi kurikulum cambridge di sekolah. 154–162.

Anitasari, A., Pandansari, O., Susanti, R., Kurniawati, K., & Aziz, A. (2021). Pengaruh Efikasi Diri terhadap Perilaku Menyontek Siswa Sekolah Dasar selama Pembelajaran Daring. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 82–90. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.37661

Dang, H. A. H., & King, E. M. (2017). Incentives and teacher effort: Further evidence from a developing country. Economics of Transition, 24(4), 621–660. https://doi.org/10.1111/ecot.12101

Darajat, R., Ginanjar, M. H., & Wahidin, U. (2019). upaya guru pendidikan agama islam (pai) dan budi pekerti dalam meningkatkan prestasi akademik peserta didik pada mata pelajaran pai dan budi pekerti (Studi di SMAN 4 Bogor Tahun Ajaran 2018/2019). Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 1(2), 75–86.

Fontanella, A., Sukartini, Chandra, N., & Sriyunianti, F. (2020). Kecurangan Akademis Mahasiswa: Kenapa Terjadi dan Apa yang Harus Dilakukan? Jurnal ASET (Akuntansi Riset), 12(1), 155–164.

Gandasari, M. F. (2019). Pengembangan model pembelajaran tematik pendidikan jasmani olahraga kesehatan untuk kelas 2 sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 15(1), 22–27. https://doi.org/10.21831/jpji.v15i1.25489

Hardani, H., & Juliana Sukmana, D. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif Community Services View project publikasi View project. https://www.researchgate.net/publication/340021548

Herdian, W. (2021). Pelatihan identifikasi perilaku ketidakjujuran akademik di sekolah. 6(9), 1620–1628.

Indriyah. (2021). indriyah. 2(2), 503–511. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/download/2365/2369/

Munirah. (2018). Economic Education Analysis Journal. 2(1), 18–23.

Mushthofa, Z., Rusilowati, A., Sulhadi, S., Marwoto, P., & Mindiyarto, B. N. (2021). Analisis Perilaku Kecurangan Akademik Siswa dalam Pelaksanaan Ujian di Sekolah. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(2), 446. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3302

Ningtias, A. W., Hastuti, F. D., & Fitriyana, N. R. (2018). Identifikasi Perilaku Kecurangan Akademik Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas 6. ningtyas, 2012, 92–99.

Nusron & Sari. (2020). Telaah bisnis. 18(1), 19–32.

Paulus, D., & Septiana, E. (2021). Academic Self-Efficacy Dan Takut Gagal - Mana Yang Lebih Berpengaruh Terhadap Kecurangan Akademik? Journal of Psychological Science and Profession, 5(3), 248. https://doi.org/10.24198/jpsp.v5i3.31926

Pramudyastuti, O. L., Fatimah, A. N., & Wilujeng, D. S. (2020). Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi: Investigasi Dimensi Fraud Diamond. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 3(2), 147–153. https://doi.org/10.32500/jematech.v3i2.1301

Prasetyo, I., & Handayani, N. S. (2019). Prokrastinasi Akademik Dan Kecurangan Akademik Pada Mahasiswa Yang Kuliah Sambil Bekerja. Jurnal Psikologi, 12(1), 22–30. https://doi.org/10.35760/psi.2019.v12i1.1913

Prawiyogi, Anggi Giri, D. (2020). Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Peserta didik di SDIT Purwakarta. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 8.

Puji, R. (2019). Oleh: riska puji astuti nim: 15531122.

Rohendi, H. (2018). Perilaku Kecurangan Akademik Pada Mahasiswa Akuntansi Politeknik Negeri Bandung. Ekspansi, 10(1), 75–81.

Sakti, B. P., & Budiyono, S. (2019). Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Di Sdn 1 Kragilan. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(1), 65–70. https://doi.org/10.24176/re.v10i1.3860

Salong. (2018). Jurnal Pedagogika dan Dinamika Pendidikan. Jurnal Pedagogika dan Dinamika Pendidikan, 4(2), 87–95.

Sari, R., Melani, A., Rahmayani, A., Aisiyah, D. P. N., & Nuraeni, S. D. (2021). Tips Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring Akibat Pandemi Covid-19. Prosiding Dedikasi: Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat, 1(1), 83–89.

Sugiyono, P. D. (2017). Https://Bajakanbuku.Blogspot.Co.Id/ Https://Bajakanbuku.Blogspot.Co.Id/.

Sukanto. (2020). pjjcovid2020. Engineering, Construction and Architectural Management, 25(1), 1–9. http://dx.doi.org/10.1016/j.jss.2014.12.010%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.03.034%0Ahttps://www.iiste.org/Journals/index.php/JPID/article/viewFile/19288/19711%0Ahttp://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.678.6911&rep=rep1&type=pdf

Suprapmanto, J., Pratama, R., Rahmadiani, O., & Azzahra, M. (2021). Teachers ’ Efforts in Implementing Online Learning During the COVID- 19 Pandemic. 1–6.

Taradisa, N., Jarmita, N., & Emalfida, E. (2020). Kendala Yang Dihadapi Guru Mengajar Daringpada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 12(02), 141–154.

Wahib, A. (2021). peran orangtua dalam membimbing anak. 12(November), 107–117.




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/collase.v5i5.12511

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats