HUBUNGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Nashrullah Nashrullah(1*), Yosar Ali(2), Zulnuraini Zulnuraini(3)

(1) Universitas Tadulako
(2) Universitas Tadulako
(3) Universitas Tadulako
(*) Corresponding Author

Abstract


Permasalahan pokok penelitian adalah masih rendahnya tingkat penguasaan kompetensi profesional guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang positif antara kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa kelas V di SD Inpres 1 Talise. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, angket dan dokumentasi. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 25 orang siswa yang terdiri dari 9 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Instrumen yang dgunakan dalam proses penelitian ini adalah angket untuk memproleh data tentang kompetensi profesional guru. Analisis data penelitian dengan teknik persentase sedangkan untuk menguji hipotesis digunakan teknik korelasi product moment  pada taraf signifikan 5% dengan taraf kepercayaan 95%. Berdasarkan hasil pengolahan telah diperoleh 11 siswa atau 44% menyatakan kompetensi profesional guru sangat tinggi, 13 siswa atau 52% yang menyatakan kompetensi profesional guru tinggi dan 1 siswa atau 4% yang menyatakan kompetensi profesional guru cukup. Sedangkan untuk hasil belajar siswa pada nilai rata-rata ulangan harian siswa yaitu terdapat 16 siswa atau 64% yang hasil belajarnya mendapatkan kriteria baik sekali dan 9 siswa atau 36% yang hasil belajarnya mendapatkan kriteria baik. pengujian hipotesis menunjukan bahwa r hitung >r tabel atau 1,028>0,396. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi profesional guru dengan hasil belajar siswa kelas V di SD Inpres 1 Talise.

Keywords


Kompetensi Profesional Guru, Hasil Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Agusta, K. (2014). Hubungan Kompetensi Profesional Guru dengan Hasil Belajar Siswa (Studi Korelasi di Kelas IV SDN 02 Batu Buil, Kecamatan Belimbing). Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5 (2).66-70.

Aswatun. (2020). Kompetensi Profesional Guru dalam Penerapan Pembelajara Tematik SD Negeri Maguwoharjo 1 Yokyakarta. Jurnal Pendidikan 8 (2)

Arikunto. (2008). Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ernawati, E. & Effendi, E. (2017). Penerapan Lesson Study pada Pembelajaran Fisika Materi Perubahan Wujud Zat. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 1 (2), 41- 46.

Hamalik. (2010). Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Hasanah. (2012). Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Pustaka Setia.

Idzhar. (2016). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal office, 2(2), 221-228.

Iswandi. (2021). Hubungan Antara Kompetensi Profesional Guru dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Gugus II Kecamatan Tanete Riatting Kabupaten Bone. Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar 5 (2), 93-100.

Noorjannah. (2015). Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Profesional di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity, 10(1).

Sanjaya. (2010). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sudijono. (2015). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Syarif. (2013). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri. Online.

Usman. (2013). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/collase.v5i6.12830

Article Metrics

Abstract view : 27 times
PDF - 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats