MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENGEMBANGKAN STRATEGI PEMBELAJARAN DARI RUMAH MASA PANDEMI COVID-19 MELAUI SUPERVISI MANAJERIAL DI SD NEGERI 3 JATI TAHUN PELAJARAN 2020-2021

Soleh Ridwan(1*)

(1) SDN 3 Jati
(*) Corresponding Author

Abstract


Peneliti yang sekaligus sebagai kepala sekolah hendak meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran dari rumah masa Pandemi Covid-19 melalui kegiatan supervisi manajerial. Supervisi adalah kegiatan yang dilakukan oleh kepala satuan pendidikan dalam rangka  membantu  kepala  sekolah,  guru  dan  tenaga  kependidikan lainnya guna meningkatkan mutu  dan  efektivitas  penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran. Tujuan yang ingin dicapai untuk mengetahui : 1. Bagaimana kompetensi guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran dari rumah masa pandemi covid-19 di SD Negeri 3 Jati. 2. Apakah kegiatan supervisi manajerial dapat meningkatkan kompetensi guru dalam mengajar di SD Negeri 3 Jati. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 3 Jati dengan subjek penelitian diambil dari guru yang ada di sekolah ini. jumlah total guru di  SD Negeri 3 Jati ada 10 orang guru. Pengambialan data dilakukan pada Bulan Agustus 2020 sampai  dengan Oktober 2020. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik Observasi dan Dokumentasi.Hasil penelitian Pada Kegiatan supervisi manajerial tahap I siklus I skor rata-rata adalah 8,8. Pada Kegiatan supervisi manajerial tahap II siklus I skor rata-rata adalah 9,3. Selanjutnya Kegiatan supervisi manajerial tahap III siklus I skor rata-rata adalah 9,6. Hasil refleksi siklus I baik itu tahap I, II dan III adalah guru sudah mulai faham dan mampu dalam memanfaatkan media online dalam pembelajaran walaupun belum maksimal karena skor yang di dapat dari hasil observasi adalah 8,8 lalu 9,3 lalu 9,6, dengan kriteria Skor maksimal tiap guru: 3x4 = 12, yang berarti kompetensi guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran dari rumah masa Pandemi Covid-19 cukup baik. Pada Kegiatan supervisi manajerial tahap II Siklus II ini menitikberatkan pada perbaikan-perbaikan guru dalam menerapkan  metode pembelajaran, kendala pada siklus II tahap I akan di perbaiki dalam tahap II. skor yang di dapat dari hasil observasi adalah 11,6 dengan kriteria Skor maksimal tiap guru: 3x4 = 12, yang berarti Kompetensi guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran dari rumah masa Pandemi Covid-19 sudah sangat baik. Pada Kegiatan supervisi manajerial tahap III Siklus II ini menitikberatkan pada perbaikan-perbaikan guru dalam menerapkan  metode pembelajaran. hasil observasi adalah 12 dengan kriteria Skor maksimal tiap guru: 3x4 = 12, yang berarti Kompetensi guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran dari rumah masa Pandemi Covid-19 sudah sangat baik.

 

 


Keywords


Kata Kunci: Kompetensi Guru Dalam Mengembangkan Strategi Pembelajaran Dari Rumah Masa Pandemi Covid-19, Supervisi Manajerial

References


Musfah, Jejen. 2015. Redesain Pendidikan Guru (Dalam Penerapan Teori dan Praktik). Jakarta : Prenada Media Group

Dwi Siswoyo, dkk. 2013. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Kartini, Kartono (2005). Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Rajawali Pers

Muhson, Ali. Agustus 2004. “Meningkatkan Profesionalisme Guru”. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. Volume II No. 1. (Online) diakses tanggal 25 November 2014 pukul : 18.30 WIB (staff.uny.ac.id).

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Isi. Badan Standar Nasional Pendidikan: Jakarta

E. Mulyasa. 2009. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan. Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan

Hamalik, Oemar. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta: PT. Bumi Aksara,2004.

KBBI, Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional RI, http://pusatbahasa.kemdiknas.go.id/lamanbahasa/

Departemen Pendidikan Nasional.2003 Kegiatan Belajar Mengajar yang Efektif. Jakarta Departemen Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/collase.v5i5.13618

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats