PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA NYARING MELALUI BUKU CERITA ANAK PADA SISWA SD KLS. 2, SD NEGERI TIKUKUR 1, TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Rina Andriani(1*)

(1) Universitas Bale Bandung
(*) Corresponding Author

Abstract


Membaca merupakan keterampilan yang dimiliki setiap orang dan sering dianggap “jendela dunia”. Hal ini dikarenakan melalui membaca orang dapat memperoleh berbagai macam informasi dari berbagai sumber yang berada di berbagai belahan dunia.Berbagai jenis membaca dapat diterapkan pada peserta didik, salah satunya membaca nyaring.  Peserta didik sebagai salah satu subjek sekaligus objek pendidikan mempunyai kesempatan yang sangat besar  untuk metingkatkan keterampilan membaca nyaring khususnya siswa SD kelas 2. Dalam penelitian ini penulis memilih objek penelitian siswa kelas 2 SD Negeri Tikukur 1, tahun pelajaran 2022/2023. Tujuan dari penelitian ini meningkatkan kemampuan membaca nyaring dengan menggunakan media cerita anak. Metode penelitian yang dipergunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan 2 (dua) siklus.Manfaat penelitian menambah wawasan calon guru atau guru di dalam memilih media untuk meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa. Hasil penelitian dari 2 (dua) siklus diperoleh pada rubrik penilaian aspek tokoh mengalami peningkatan 17%, sedangkan pada aspek latar tempat dan waktu mengalami peningkatan 57%, sedangkan pada aspek pesan moral mengalami peningkatan 67%.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22460/collase.v5i6.14557

Article Metrics

Abstract view : 86 times
PDF - 44 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats