ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PENGGUNAAN SIMPLE PAST TENSE DALAM MENULIS TEKS RECOUNT BERTEMAKAN HOLIDAY OLEH SISWA KELAS 6 SDN SUKAMANAH 2

Authors

  • Anisa Alawiyyah STKIP Bina Mutiara Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v5i6.14558

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui jenis kesalahan berbahasa apa yang dibuat oleh siswa dalam penggunaan simple past tense dalam menulis teks recount dengan tema tulisan Holiday, dan apa yang menyebabkan kesalahan ini dapat terjadi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 25 siswa kelas 6 SDN Sukamanah 2. Data yang dianalisis adalah hasil penulisan teks recount yang dikumpulkan kepada peneliti dengan izin dari guru mata pelajaran bahasa Inggris di kelas. Dalam hasil penelitian ditemukan siswa membuat kesalahan berbahasa pada penggunaan simple past tense dalam menulis teks recount dengan persentase tingkat kesalahan yang berbeda-beda pada setiap jenis kesalahan. Peneliti mengklasifikasikan jenis-jenis eror sebagai omission 24% (58 kesalahan), addition 16,4% (39 kesalahan), misformation 53,3% (126 kesalahan), dan misordering 6,3% (15 kesalahan). Di antara jenis-jenis kesalahan berbahasa yang paling banyak adalah misformation yang mencapai 53% atau 126 kesalahan. Dalam hasil penelitian juga ditemukan penyebab siswa melakukan kesalahan.

Downloads

Published

2022-11-29

Issue

Section

Articles