MEMPERSIAPKAN KELAS YANG KONDUSIF DALAM UPAYA OPTIMALISASI FOKUS BELAJAR PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Diana Silaswati(1*)

(1) Universitas Bale Bandung
(*) Corresponding Author

Abstract


Artikel yang ditulis dan disajikan ini merupakan hasil pemikiran dengan berlandaskan pada pengkajian berbagai sumber literatur, bertujuan untuk mendapatkan informasi dan gambaran tentang bagaimana seorang guru sekolah dasar (SD) harus mempersiapkan kelas yang kondusif bagi siswa yang berada pada jenjang paling dasar dalam penyelenggaraan pendidikan formal di Indonesia. Studi kepustakaan ini dilakukan dalam upaya mengoptimalkan fokus belajarnya karena siswa pada masa sekolah dasar sebagai masa adaptasi terhadap lingkungan sekitar yang dapat berpengaruh dalam cara belajar, sikap, perilaku, maupun gaya bahasanya, sehingga harus mendapat perhatian guru secara detail, termasuk karakteristik dan latar belakangnya agar proses belajar mengajar dapat berlangsung secara efektif. Berdasarkan hasil studi kepustakaan terhadap sumber literatur berkenaan dengan fokus pembahasan artikel ini, dapat disampaikan enam strategi minimal yang dapat dilakukan guru dalam upayanya mempersiapkan kelas yang kondusif untuk menciptakan fokus belajar pada siswa SD secara optimal, yaitu (1) mempersiapkan perangkat mengajar dan penataan ruang belajar, (2) membangun kerjasama dengan siswa, (3) pemberian motivasi dan penguatan/reinforcement, (4) memahami karakteristik siswa dan latar belakangnya, (5) menciptakan suasana pembelajaran yang demokratis, dan (6) memelihara kultur disiplin siswa dengan baik.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22460/collase.v5i6.14568

Article Metrics

Abstract view : 61 times
PDF - 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats