Permainan kartu umbul dalam meningkatkan hasil belajar siswa pokok bahasan suku bangsa dan budaya indonesia pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial bagi Siswa Kelas V SD Negeri I Cibabat Mandiri 1 Kota Cimahi

Authors

  • Eli Heriawati SD Negeri Cibabat Mandiri 1

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v6i2.17201

Keywords:

Permainan Kartu Umbul, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian proposal PTK yang berjudul Permainan Kartu Umbul Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Suku Bangsa Dan Budaya Indonesia Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bagi Siswa Kelas V Sd Negeri I Cibabat Mandiri 1 Kota Cimahi ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang sejauh mana hasil belajar siswa dengan menggunakan permainan kartu umbul. Adapun masalah yang muncul dalam penelitian ini adalah Adakah peningkatan hasil belajar siswa dengan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V adalah 38 terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian pembuatan proposal PTK ini yaitu teknik observasi yang dilakukan pada tahap siklus I, II dan III sedang berlangsung. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif (untuk mengolah data hasil tes) dan teknik kualitatif (untuk menganalisis data non tes). Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan Permainan Kartu Umbul dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2023-03-30

Issue

Section

Articles