Tingkat kemampuan guru Sekolah Dasar dalam penggunaan model aplikasi pembelajaran berbasis teknologi digital
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v6i2.17355Kata Kunci:
Model aplikasi pembelajaran, teknologi digitalAbstrak
Penelitian ini mendeskripsikan mengenai keragaman model aplikasi pembelajaran berbasis teknologi digital yang digunakan oleh guru di sekolah dasar untuk menunjang proses pembelajaran, khususnya model aplikasi pembelajaran berbasis teknologi digital yang digunakan oleh guru sekolah dasar negeri di Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung. Pembahasan makalah ini dibatasi untuk mendeskripsikan ragam model aplikasi pembelajaran berbasis teknologi digital yang digunakan oleh guru di sekolah dasar negeri. Secara singkat, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan berbagai model aplikasi pembelajaran berbasis teknologi digital yang digunakan guru di sekolah dasar negeri, serta menunjukkan peran model aplikasi pembelajaran digital dalam pembelajaran di sekolah dasar, khususnya sekolah dasar negeri di Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung. Khususnya, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru sekolah dasar negeri dalam menggunakan berbagai model aplikasi pembelajaran berbasis teknologi digital untuk pembelajaran, ketersediaan sarana penunjang guru sekolah dasar negeri di Kecamatan Majalaya. Guru akan melakukan pembelajaran dengan menggunakan model aplikasi pembelajaran berbasis teknologi digital dan menjelaskan pemanfaatan berbagai model aplikasi pembelajaran berbasis teknologi digital dalam pembelajaran yang dilakukan oleh guru sekolah dasar negeri di Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung.
Referensi
Andrian, M., Risa, N. F., & Rahmattullah, M. (2022). Penerapan Media Aplikasi Berbasis Web Educandy Sebagai Tes Pembelajaran Prakarya Di Era Digital. Seminar Nasional (PROSPEK I), 1(1), 81–85.
https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/prospek/article/view/1729%0Ahttps://ojs.mahade wa.ac.id/index.php/prospek/article/download/1729/1272
Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center.
Hafizatul, K. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Kinemaster Sebagai Media Pembelajaran Berbasis ICT. Prosiding Seminar Nasional, 43.
Heryadi, F. (2021). Penggunaan Google Forms Sebagai Media Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Smk Negeri 2 Ketapang. SWADESI: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 2(1), 14.
https://doi.org/10.26418/swadesi.v2i1.45421
Huda, B., & Priyatna, B. (2019). Penggunaan Aplikasi Content Management System (CMS) Untuk Pengembangan Bisnis Berbasis E-commerce. Systematics, 1(2), 81.
https://doi.org/10.35706/sys.v1i2.2076
Maryatun, M. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Program Microsoft Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Strategi Promosi Pemasaran Mahasiswa Semester 2 Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Metro Tahun Ajaran 2014/2015. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1), 1–13. https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.139
Munir. (2020). Multimedia konsep dan aplikasi dalam pendidikan. In Alfabeta (Vol. 58, Issue 12).
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.
Taufik, I. N. (2021). The Level of Ability of Public Elementary School Teachers in Use Digital Technology-Based Learning Media during the Covid-19 Pandemic. Proceedings of the Second Asia Pacific International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, 3210–3219. http://ieomsociety.org/proceedings/2021indonesia/576.pdf
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.