Pengaruh tunjangan profesi guru terhadap kinerja dengan Organizational Citizenship Behaviour (OCB) sebagai anticeden pada guru sekolah dasar Wedarijaksa Kabupaten Pati
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v6i3.17360Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tunjangan profesi guru terhadap kinerja guru SD di Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati melalui OCB. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, karena penelitian ini disajikan dengan angka-angka. Jenis penelitian ini adalah explanatory research atau confirmatory research, yaitu penelitian yang menjelaskan tentang pengaruh kausal dan menguji keterkaitan antara beberapa variabel melalui beberapa hipotesis atau penelitian penjelasan. Dalam penelitian ini akan digunakan beberapa tehnik dalam mengumpulkan data penelitian, yaitu observasi, Studi Pustaka, Wawancara/Interview Kuisioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD di Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati sebanyak 151 orang. Hasil penelitian diperoleh bahwa  tunjangan profesi guru berpengaruh signifikan terhadap OCB guru. Semakin tinggi tunjangan profesi guru maka akan meningkatkan OCB guru. Dari penelitian ini disarankan, bahwa: tunjangan sertifikasi guru diberikan oleh pemerintah agar guru dapat meningkatkan motivasi kerja dan kinerjanya sehingga perlu kesadaran diri bagi guru agar program dapat berjalan dengan optimal.
Kata Kunci: TPG, Kinerja, OCB
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.