Pengaruh metode role playing terhadap keterampilan sosial pada pembelajaran IPS di sekolah dasar

Authors

  • Triana Febriani Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v6i5.18355

Keywords:

Keterampilan sosial, role playing

Abstract

Abstrak

Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan proses pembelajaran yang membuat peserta didik aktif dalam mengembangkan potensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Sikap siswa juga perlu diperhatikan untuk pendidikan yang baik. Agar memiliki sikap yang baik, maka perlu ditanamkan keterampilan sosial di sekolah. Keterampilan sosial adalah kemampuan seseorang dalam menciptakan hubungan sosial yang positif di masyarakat. Keterampilan sosial penting dimiliki oleh siswa karena agar dapat bergaul dan diterima di masyarakat. Adanya pandemi covid 19 membuat belajar dirumah, yang mengakibatkan keterampilan sosial tergolong rendah. Metode yang cocok dalam meningkatkan keterampilan sosial salah satunya metode role playing. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode role playing berpengaruh terhadap keterampilan sosial siswa. metode penelitian yang digunakan metode kuantitatif jenis eksperimen dengan desain kuasi eksperimen nonquivalent control group design. Penelitian dilakukan di SDN Unggulan kuningan dengan subjek penelitian Kelas IV Sekolah Dasar. Hasil penelitian menunjukkan nilai dari hasil tes dan angket kelas eksperimen memiliki nilai Sig.(2-tailed) < 0,05. Selain itu adanya perbedaan nilai signifikasi antara kelas eksperimen dan kelas control, dilihat dari hasil sig.(2-tailed)< 0,05. Nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas control. Maka dapat disimpulkan bahwa metode role playing berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan sosial di sekolah dasar.

 

Kata Kunci: Metode role playing, Keterampilan sosial, Metode kuantitatif

 

Abstrak

Education is a conscious and planned effort to realize a learning process that makes students active in developing their potential knowledge, attitudes and skills. The attitude of students also needs to be considered for a good education. In order to have a good attitude, it is necessary to instill social skills in schools. Social skills are a person's ability to create positive social relations in society. Social skills are important for students to have in order to get along and be accepted in society. The existence of the covid 19 pandemic made studying at home, which resulted in low social skills. One method that is suitable for improving social skills is the role playing method. So this study aims to determine the effect of the role playing method on students' social skills. The research method used is a quantitative method of experimental type with a quasi-experimental nonquivalent control group design. The research was conducted at Unggulan Kuningan Elementary School with Class IV Elementary School research subjects. The results showed that the value of the test results and the experimental class questionnaire had a value of Sig.(2-tailed) <0.05. In addition, there is a difference in the significance value between the experimental class and the control class, seen from the results of sig.(2-tailed) <0.05. The average value of the experimental class is greater than the control class. So it can be concluded that the role playing method has a significant effect on social skills in elementary schools.

 

Keywords: Role playing method, Social skill, Quantitative method.

References

Maryani, E. (2009). Pengembangan program pebelajaran IPS untuk meningkatkan Keterampilan sosial

Siswa. Jurnal penelitian, 9 (1). Universitas Pendidikan Indonersia.

Purnamasari, A. & Khotmi, N. (2014). Manifesitasi Psikologi Indiginoous dalam meningkatkan

subjective well being. Magister Psikologi. 92. Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Simanjutak, et al., 2022. Pengaruh model Inkuiri terbimbing dan keterampilan

Sosial terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu

Pendidikan, 4 (6).

Rahman, et al. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-unsur Pendidikan. Al

Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2 (1); 2-13. Universitas Muhammadiyah Makassar.

https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul

Ernani, E., & Syarifuddin, A. (2017). Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara

Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Wathoniyah

Palembang. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 2(1), 29-42.

https://doi.org/https://doi.org/10.19109/jip.v2i1.1064

Ulum, C. (2018). Keterampilan Sosial Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik di Kelas V MI

Muhammaddiyah Selo Kulon Progo. Al-Bidayah: Jurnal pendidikan Dasar Islam, 10 (2).

Ami, R.F.R. (2018). Pengaruh metode role playing terhadap keterampilan sosial Pada Pembelajaran

IPS: Studi Eksperimen Kuasi Terhadap Siswa Kelas III Sdn 1 Karang Tawang. Skripsi,

Universitas Pendidikan Indonesia.

Aulina, C. N. (2015). Pengaruh Bermain Peran Terhadap Kemampuan Sosial Anak Usia Dini.

Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 4(1), 59-69. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.73

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan

ke 21, 117.Bandung, Alfabeta.

Anggriani, R. & Ishartiwi. K. (2017). Keefektifan Metode role playing terhadap keaktifan dan Kerja

Sama Siswa Dalam Pembelajaran IPS. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 4 (2).

http://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi.

Wahda. (2018). Pengaruh Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia

Terhadap Kemampuanbekerja Sama Siswa Di Sdn 112 Belajen Kabupaten Enrekang.

Eklektika: Jurnal Pemikiran & Penelitian Adminstrasi Pendidikan, 1 (1).

Mulyati, I. et al. (2018). Pelaksanaan Metode Bermain Peran Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal

Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7 (7).

Pratiwi, A. I. (2015). Pengembangan Model Kolaborasi Jigsaw Role Playing Sebagai Upaya

Peningkatan Kemampuan Bekerjasama Siswa Kelas V SD Pada Pelajaran IPS. Jurnal

Konseling Gusjigang, 1 (2).

Dharmayanti, R.A. (2013). Teknik Role Playing dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi

Interpersonal Siswa SMK. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 46 (3).

Nurhidaya. et al. (2017). Penggunaan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Siswa pada Pokok Bahasan Jual Beli di kelas IV SDN Fatufia Kecamatan Bahodopi Kabupaten Morowali. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3 (1). ISSN 2354-614X

Mutmainah, A. (2016). Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS SD Negeri I

Ngerangan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 15 (5).

Downloads

Published

2023-09-30

Issue

Section

Articles