Penerapan problem based learning dengan bantuan media canva untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas V A SDN Bugangan 03
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v6i5.18360Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan mengajar guru dan meningkatan hasil belajar Peserta didik pada pembelajaran IPA melalui penerapan model problem based learning berbantuan media canva di kelas V SDN Bugangan 03. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing tiap siklusnya terdiri dari 1 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan Peserta didik kelas V SDN Bugangan 03 yang terdiri dari 28 Peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan hasil belajar IPA Peserta didik. Di peroleh hasil pada siklus I sebesar 54% menjadi 79% pada siklus II. Keterampilan guru dalam mengelola kelas menglami peningkatan pada siklus I sebesar 67% menjadi 92% pada siklus II. Kesimpulannya penerapan model Problem Based Learning dengan media canva dapat meningkatkan hasil belajar IPA Peserta didik kelas V SDN Bugangan 03 dan keterampilan mengajar guru.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.