Keterampilan menulis teks narasi melalui metode brainwriting di kelas tinggi sekolah dasar

Authors

  • Widia Febrianti Sazida Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Dian Indihadi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yusuf Suryana Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i3.19403

Abstract

Penelitian eksperimen ini dilakukan untuk mengetahui keterampilan menulis teks narasi melalui metode brainwriting di kelas V Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan metode brainwriting pada keterampilan menulis teks narasi. metode penelitian kuantitatif tipe eksperimen dengan bentuk quasi eksperimental design (eksperimen semu). Penelitian ini dilakukan pada 2 kelas diantaranya kelas V-A sebagai kelompok eksperimen dan kelas V-B sebagai kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan keterampilan menulis teks narasi tema cita-citaku pada peserta didik kelas V-A sebagai kelompok eksperimen dengan kelas V-B sebagai kelompok kontrol. Hasil dari uji-t tes akhir kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dapat diketahui perolehan nilai p sebesar 0.001 Nilai p < 0,05, dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan terhadap keterampilan menulis teks narasi tema cita-citaku pada kelompok eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan metode pembelajaran brainwriting dengan kelompok kontrol yang tidak diberi perlakuan menggunakan metode brainwriting namun menggunakan metode pembelajaran konvensional.

Downloads

Published

2024-05-27

Issue

Section

Articles