Pengembangan media pop-up book pada materi bangun ruang untuk siswa kelas V sekolah dasar
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v8i1.19921Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang tersedianya media pada pembelajaran matematika yang dapat menunjang siswa untuk memahami materi. Sehingga, peneliti bermaksud untuk mengembangkan pop-up book pada materi bangun ruang untuk siswa kelas V sebagai media yang dapat memudahkan guru dalam menyampaikan materi dan memudahkan siswa dalam memahami materi. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan antara lain analysis, design, development, implementation dan evaluation. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, studi dokumentasi, dan angket. Berdasarkan hasil validasi, media pop-up book mendapatkan penilaian sebesar 84% dari ahli materi dengan kategori “sangat layak” dan 93% dari ahli media dengan kategori “sangat layak”. Adapun saat implementasi mendapatkan persentase dari respon siswa uji coba tahap satu sebesar 92,94% dengan kategori “sangat praktis” dan dari respon siswa uji coba tahap dua mendapatkan persentase sebesar 94,46% dengan kategori “sangat praktis”. Berdasarkan hasil tersebut, media pop-up book bangun ruang sangat layak dan sangat praktis digunakan dalam pembelajaran di sekolah dasar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.