Implementasi model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi luas dan keliling bangun datar
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v8i1.23101Abstract
Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah rendahnya kemampuan belajar peserta didik mata pelajaran matematika kelas III materi keliling dan luas bangun datar dari identifikasi yang dilakukan oleh penulis. Peran matematika dalam pendidikan adalah mendorong peserta didik bersikap logis, kritis, analitis, konsisten, teliti, bertanggung jawab, tanggap, dan gigih dalam menyelesaikan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SDN Ngesrep 03 Semarang. Rendahnya kemampuan hasil belajar ini yang membuat penulis ingin meningkatkan hasil belajar anak. Model pembelajaran yang digunakan adalah Problem Bases Learning (PBL). Pada pelaksanaannya, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok belajar, Dalam Penelitian tindak lanjut ini guru menggunakan media pembelajaran untuk menarik perhatian anak. Siswa yang belum bisa sebelumnya menjadi lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. pembelajaran ini mengajak siswa untuk lebih aktif dalam setiap kegiatan. sehingga menghilangkan asumsi anak jika matematika itu sulit. Pada penelitian ini mengalami peningkatan disetiap siklusnya, dari siklus 1 sebanyak 30%, siklus II peningkatan menjadi 61% kemudian pada siklus III sebanyak 81%.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dua cara, yaitu tes formatif dan observasi selama kegiatan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.