Peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IV melalui model PBL SDN Sambirejo 02
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v8i1.23122Abstract
Masih rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV pada mata pembelajaran IPAS SDN Sambirejo 02 mendorong dilakukannya penelitian tindakan kelas ini. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi IPAS. Dalam upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik maka diperlukan model yang sesuai. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan adalah Problem Based Learning. Prosedur penelitian yang digunakan mengikuti prosedur PTK yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan diawali dengan kegiatan Pra siklus. Pada tiap tahap dilakukan perbaikan modul sehingga dapat diketahui persentase keberhasilan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media audiovisual. Hasil penelitian dengan digunakannya model Problem Based Learning menggunakan media audiovisual menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik yang sangat signifikan. Pada tahap pra siklus, diketahui bahwa nilai rata-rata peserta didik 60 dengan prosentase 21,4%. Kemudian Pada siklus I, nilai rata-rata meningkat lagi menjadi 75,5 dengan persentase meningkat menjadi 75%. Pada siklus II, nilai rata-rata meningkat lagi menjadi 88,5 dan prosentase menjadi 92,8%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning menggunakan media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.