Peningkatan pemahaman huruf dan angka menggunakan media kartu huruf dan angka pada siswa tunagrahita di SLB Negeri Purwosari
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v8i1.23306Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf dan angka siswa tunagrahita berinisial D kelas III di SLB Negeri Purwosari dengan menggunakan media kantong huruf dan angka. Satu anak tunagrahita di kelas tiga adalah subjek penelitian. Penelitian dilakukan selama kurang lebih 6 pertemuan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian lebih mengenal huruf, angka, dan lebih mahir memahami konsep dan menulis huruf A-Z serta menulis angka 1-10. Hasil pencapaian sebelum penerapan media huruf dan angka mencapai nilai rata-rata 40%, dan nilai rata-rata setelah perlakuan mencapai nilai rata-rata 60%, sehingga subjek penelitian mencapai nilai rata-rata 70%.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.