Pengaruh penggunaan media pembelajaran matematika berbasis web wordwall terhadap hasil belajar siswa pada materi luas kelas IV SD Negeri 01 Jejawi

Authors

  • Kiki Lestari Prodi. Universitas PGRI Palembang
  • Ramanata Disurya Prodi. PGSD Universitas PGRI Palembang
  • Farizal Imansyah Prodi. PGSD Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v8i1.23660

Abstract

Abstrak

Pemahaman siswa pada mata pelajaran matematika masih rendah. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran matematika berbasis web wordwall terhadap hasil belajar siswa pada materi luas kelas IV SD Negeri 01 Jejawi. Rumusan masalah yaitu, apakah terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran matematika berbasis web wordwall terhadap hasil belajar siswa pada materi luas kelas IV SD?. Metode yang digunakan yaitu, eksperimen true eksperimental design dengan bentuk pretest-posttest control group design. Sampel penelitian berjumlah 42 siswa, kelas IV.A ( kelas eksperimen ), 21 siswa kelas IV.B ( kelas kontrol ). Teknik pengumpulan data adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu, uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Hasil uji-t. diperoleh nilai rata-rata hasil posttest kelas kontrol sebesar 62,38 dan 80,00 untuk posttest kelas eksperimen. Berdasarkan hasil analisis uji-t menunjukkan nilai thitung = 4,203 > ttabel = 1,683. Sehingga Ho ditolak bearti Ha diterima. Diperoleh nilai sig. sebesar 0,000 < 0.05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan media pembelajaran matematika berbasis web wordwall terhadap hasil belajar siswa pada materi luas kelas IV SD Negeri 01 Jejawi.

Kata Kunci: Wordwall, Hasil Belajar, Matematika.

 

Abctract

Students' understanding of mathematics subjects is still low. The aim of the research was to determine the effect of using wordwall web-based mathematics learning media on student learning outcomes in class IV broad material at SD Negeri 01 Jejawi. The formulation of the problem is, is there an effect of using wordwall web-based mathematics learning media on student learning outcomes in broad class IV elementary school material? The method used is true experimental design in the form of a pretest-posttest control group design. The research sample consisted of 42 students, class IV.A (experimental class), 21 students in class IV.B (control class). Data collection techniques are tests and documentation. Data analysis techniques are, normality test, homogeneity test and t testt. T-test results. The average score obtained for the control class posttest was 62.38 and 80.00 for the experimental class posttest. Based on the results of the t-test analysis, the value of tcount = 4.203 > ttable = 1.683. So Ho is rejected, meaning Ha is accepted. Obtained sig value. equal to 0.000 < 0.05. Thus, it can be concluded that there is a significant influence of the wordwall web-based mathematics learning media on student learning outcomes in broad class IV material at SD Negeri 01 Jejawi.

Keywords: Wordwall, Learning Results, Mathematics.

Downloads

Published

2025-01-02

Issue

Section

Articles