Analisis kebutuhan pengembangan E-LKPD berbasis STEM terintegrasi literasi sains pada materi gaya di sekolah dasar

Authors

  • Arin Yulistia Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ghullam Hamdu Universitas Pendidikan Indonesia
  • Anggit Merliana Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v8i2.23937

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan E-LKPD berbasis STEM yang terintegrasi dengan literasi sains pada materi gaya di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara di lima sekolah dasar yang ada di Jawa Barat serta studi literatur yang relevan terhadap penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sekolah dasar menyatakan penggunaan E-LKPD dapat memfasilitasi pembelajaran yang lebih interaktif dan mendukung pemahaman konsep gaya secara lebih mendalam. Namun terdapat beberapa kendala yang dihadapi, termasuk ketersediaan bahan ajar yang interaktif untuk menunjang pembelajaran dan keterbatasan pengetahuan guru tentang implementasi STEM dalam pembelajaran. Berdasarkan temuan tersebut, diperlukan pengembangan E-LKPD berbasis STEM yang mencakup kegiatan eksperimen, simulasi interaktif, dan penugasan yang dapat mendorong kemampuan berfikir kritis serta kemampuan pemecahan masalah.

Kata Kunci: STEM, E-LKPD, Literasi Sains.

Downloads

Published

2025-03-31

Issue

Section

Articles