Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar IPA materi perubahan wujud benda kelas V di sekolah dasar
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v8i2.24005Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar IPA materi perubahan wujud benda kelas V di sekolah dasar, harapan peneliti agar dapat menambah pemahaman tentang pembelajaran IPA melalui model discovvery learning. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengan pendekatan kuantitaif. Penelitian ini menggunkan desain metode Quasi Exsperimental dengan jenis pretest-postest control group design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas V.A dan V.C dengan total 49 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan melalui Teknik tes dan dokumentasi, dan Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Pengujian hipotesis menggunakan uji independent sample t-test. Hasil hipotesis menunjukan bahwa nilai t hitung sebesar 2,908, melebihi nilai t tabel sebesar 1,677 dengan tingkat singnifikan < 0,05 (0,000- 0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunan model discovery learning terhadap hasil belajar IPA materi perubahan wujud benda layak untuk diterapkan dalam pembelajaran dan memiliki pengaruh yang signifikan.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.