Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar IPA materi perubahan wujud benda kelas V di sekolah dasar

Authors

  • Yulia Lestari Prodi. Universitas PGRI Palembang
  • Farizal Imansyah Prodi. Penjas Universitas PGRI Palembang
  • Anggria Septiani Mulbasari Prodi. PGSD Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v8i2.24005

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar IPA materi perubahan wujud benda kelas V di sekolah dasar, harapan peneliti agar dapat menambah pemahaman tentang pembelajaran IPA melalui model discovvery learning. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengan pendekatan kuantitaif. Penelitian ini menggunkan desain metode Quasi Exsperimental dengan jenis pretest-postest control group design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas V.A dan V.C dengan total 49 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan melalui Teknik tes dan dokumentasi, dan Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Pengujian hipotesis menggunakan uji independent sample t-test. Hasil hipotesis menunjukan bahwa nilai t hitung sebesar 2,908, melebihi nilai t tabel sebesar 1,677 dengan tingkat singnifikan < 0,05 (0,000- 0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunan model discovery learning terhadap hasil belajar IPA materi perubahan wujud benda layak untuk diterapkan dalam pembelajaran dan memiliki pengaruh yang signifikan.

Downloads

Published

2025-03-31

Issue

Section

Articles