Analisis kebutuhan soal tes bermuatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematic) untuk mengevaluasi kemampuan literasi sains di SD
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v8i2.24466Abstract
Literasi sains merupakan kemampuan penting yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam menghadapi tantangan abad ke-21. Pendekatan STEM menjadi salah satu metode yang efektif untuk meningkatkan literasi sains, karena mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu yang relevan dengan kehidupan sehari-hari dan perkembangan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan soal tes bermuatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) dalam rangka mengevaluasi kemampuan literasi sains di SD. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara semi terstruktur. Data dikumpulkan melalui wawancara, terkait pembelajaran STEM, literasi sains, dan pengembangan soal tes di SD. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kebutuhan akan soal tes bermuatan STEM yang dapat mengukur kemampuan literasi sains peserta didik. Soal-soal tersebut harus mencakup berbagai aspek literasi sains. Selain itu, soal tes juga harus dirancang untuk merangsang minat dan motivasi peserta didik dalam belajar sains. Oleh karena itu, perlunya pengembangan soal tes bermuatan STEM yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran di SD. Melalui analisis kebutuhan ini dapat mendukung upaya untuk mengembangkan soal tes yang dapat mengevaluasi kemampuan literasi sains peserta didik serta mempersiapkan mereka dalam menghadapi tantangan di masa depan, khususnya dalam konteks penerapan pembelajaran dengan pendekatan STEM.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.