Analisis kemampuan pemecahan masalah mean, median, modus di SDN Undaan Kidul 3

Authors

  • Lia Khusna Maulida Universitas Muria Kudus
  • Amelia Nur Ramadhani Universitas Muria Kudus
  • Lovika Ardana Riswari Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v8i2.24520

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan keterampilan penting dalam pembelajaran matematika yang membantu siswa mengembangkan pola pikir analitis dan logis. Kemampuan ini memungkinkan siswa menghadapi berbagai masalah matematika dan menemukan solusi kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan siswa kelas VI SDN Undaan Kidul 3 dalam menyelesaikan soal matematika terkait materi mean, median, dan modus. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mengobservasi 1 siswa di kelas tersebut dan melakukan wawancara dengan wali kelas VI. Untuk mengumpulkan data, peneliti menerapkan teknik observasi, melakukan wawancara, dan mengumpulkan dokumen-dokumen terkait. Data dianalisis dengan model interaktif yang melibatkan proses reduksi data, presentasi data, serta pembuatan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VI SDN Undaan Kidul 3 memiliki kemampuan pemecahan masalah matematika yang rendah pada materi mean, median, dan modus. Guru mengatakan bahwa siswa mampu memahami masalah dalam soal, tetapi mereka sering keliru dalam menghitung hasil akhir soal.

Kata Kunci: Pemecahan Masalah, Mean, Median, Modus

Downloads

Published

2025-03-31

Issue

Section

Articles