Analisis penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran menulis puisi pada peserta didik kelas 4A SD Negeri Pandeanlamper 03 Semarang

Authors

  • Indriana Arninda Dewi Universitas PGRI Semarang
  • Kartinah Universitas PGRI Semarang
  • Susilo Adi Saputra SDN Pandeanlamper 03 Semarang
  • Ngurah Ayu Nyoman Murniati Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v8i2.24532

Abstract

Artikel ini ditulis bertujuan untuk menganalisis pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan media audio visual guna mengembangkan kemampuan peserta didik kelas 4A SDN Pandeanlamper 03 Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Fokus kajian pada penelitian ini adalah peserta didik kelas 4A dengan kategori tinggi, sedang dan rendah. Subyek yang dilibatkan dalam penelitian ini ialah 3 subyek dari 28 peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan wawancara terhadap 3 subyek peserta didik kategori tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini mendeskripsikan penggunaan media audio visual dalam pembelajaran dan hasil evaluasi belajar setelah menggunakan media audiovisual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  3 subyek dengan kategori tinggi, sedang dan rendah mendapat hasil yang cukup baik, dapat diidentifikasi dari pengerjakan LKPD menulis puisi dan tes evaluasi. Kemampuan 3 subyek dari 28 peserta didik kelas 4A SDN Pandeanlamper 03 Semarang semakin berkembang dalam menulis puisi dengan berbantu media audiovisual. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media audiovisual dapat mengembangkan keterampilan menulis puisi dan meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Downloads

Published

2025-03-31

Issue

Section

Articles