Analisis penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran menulis puisi pada peserta didik kelas 4A SD Negeri Pandeanlamper 03 Semarang
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v8i2.24532Abstract
Artikel ini ditulis bertujuan untuk menganalisis pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan media audio visual guna mengembangkan kemampuan peserta didik kelas 4A SDN Pandeanlamper 03 Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Fokus kajian pada penelitian ini adalah peserta didik kelas 4A dengan kategori tinggi, sedang dan rendah. Subyek yang dilibatkan dalam penelitian ini ialah 3 subyek dari 28 peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan wawancara terhadap 3 subyek peserta didik kategori tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini mendeskripsikan penggunaan media audio visual dalam pembelajaran dan hasil evaluasi belajar setelah menggunakan media audiovisual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 3 subyek dengan kategori tinggi, sedang dan rendah mendapat hasil yang cukup baik, dapat diidentifikasi dari pengerjakan LKPD menulis puisi dan tes evaluasi. Kemampuan 3 subyek dari 28 peserta didik kelas 4A SDN Pandeanlamper 03 Semarang semakin berkembang dalam menulis puisi dengan berbantu media audiovisual. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media audiovisual dapat mengembangkan keterampilan menulis puisi dan meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.