Analisis penerapan model problem based learning (PBL) berbantu media kantong bilangan pada materi nilai tempat bilangan kelas II SDN Pedurungan Kidul 01

Authors

  • Adhelia Audri Paramitha Universitas PGRI Semarang
  • Mira Azizah Universitas PGRI Semarang
  • Fitria Miftakhul Jannah SDN Pedurungan Kidul 01
  • Kartinah Kartinah Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v8i1.24589

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisi penerapan model pembelajaran PBL berbantu media kantong bilangan di kelas IIA SDN Pedurungan Kidul 01. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini peserta didik kelas IIA yang berjumlah 28 peserta didik di SDN Pedurungan Kidul 01. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantu media kantong bilangan telah terlaksana dengan baik dan aktif dalam kegiatan pembelajaran karena peserta didik dituntut mencoba, mengamati, dan menarik kesimpulan serta peserta didik tidak merasa bosan karena bisa mencoba sendiri media kantong bilangan tersebut.

Downloads

Published

2025-01-02

Issue

Section

Articles