Pelaksanaan program adiwiyata dalam membentuk karakter peduli lingkungan pada siswa sekolah dasar

-

Authors

  • Helcion Cita Nadeak Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Ahmad Mulyadiprana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Agnestasia Ramadhani Putri Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v8i4.24881

Abstract

Sebagian besar pencemaran lingkungan saat ini disebabkan oleh aktivitas manusia. Saat ini, kerusakan
lingkungan disebabkan oleh berbagai aktivitas manusia, seperti penggundulan hutan dan pembuangan
limbah plastik dan kimia secara langsung ke lingkungan. Sangat penting untuk mengatasi masalah ini
untuk meningkatkan kesadaran masing-masing melalui pendidikan. Pendidikan hidup sangat
berpengaruh terhadap pembentukan kepedulian siswa terhadap lingkungan sekitar mereka sehingga
mereka memiliki tanggung jawab atas apa yang mereka miliki. Salah satu langkah yang tepat dan berhasil
adalah memasukkan program Adiwiyata di sekolah ke dalam pendidikan lingkungan. Program Adiwiyata
dapat mewujudkan lingkungan belajar yang ramah lingkungan dan meningkatkan kesadaran dan
partisipasi aktif seluruh siswa dalam pelestarian lingkungan. SDN Mancogeh adalah subjek penelitian
ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana program dapat menumbuhkan
karakter yang peduli dengan lingkungan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode penelitian kualitatif deskriptif. Dengan teknik penelitian observasi wawancara dan dokumentasi.
Hasil akhir penelitian ini untuk menunjukkan dan menggambarkan bahwa pelaksanaan program
Adiwiyata memiliki peran dalam membentuk karakter peduli lingkungan siswa di sekolah dasar.
Kata Kunci: Karakter Peduli Lingkungan, Program Adiwiyata, Siswa Sekolah Dasar

Downloads

Published

2025-07-29

Issue

Section

Articles