Peningkatan keterampilan abad ke-21 siswa kelas V MI Al- Ittisham melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw

Authors

  • Okta Rosfiani Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Sahra Fadhilah universitas muhammadiyah jakarta
  • Tri Widya Hafnida Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Anargya Saddam Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Labib Fadil Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Cecep Maman Hermawan Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v8i2.26372

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan abad ke-21 di kalangan siswa kelas lima MI Al-Ittisham melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Jigsaw. Model Jigsaw mendorong keterlibatan aktif dan kolaborasi di antara siswa dengan membagi mereka ke dalam kelompok kecil yang heterogen, di mana setiap anggota diberikan segmen materi pembelajaran yang unik. Setelah menguasai segmen mereka masing-masing, siswa berkumpul kembali untuk mengajarkan teman-teman mereka, yang mendorong rasa tanggung jawab dan saling ketergantungan. Data dikumpulkan melalui observasi dan penilaian, yang membandingkan kinerja siswa sebelum dan sesudah intervensi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam keterampilan komunikasi, kolaborasi, dan berpikir kritis siswa, serta kinerja akademik mereka secara keseluruhan. Temuan ini menyarankan bahwa model Jigsaw efektif dalam mempersiapkan siswa dengan keterampilan penting yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan abad ke-21, yang menunjukkan potensinya sebagai pendekatan pedagogis yang berharga dalam pendidikan kontemporer.

 

Kata kunci: Keterampilan Abad ke-21, Pembelajaran Kooperatif, Model Jigsaw.

Downloads

Published

2025-03-31

Issue

Section

Articles